©shutterstock

Do Re Mi Fa So La Si Do, Latih Anak Bernyanyi yang Benar Yuk!

Senangnya mendengar rumah ramai akan nyanyian si Kecil. Seringnya anak melafalkan lagu dengan cepat bisa menjadi tanda adanya talenta menyanyi. Tidak ada salahnya lho untuk mendukung kemampuan bernyanyinya dengan mengajari mengenal notasi musik yang benar.

Ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengajarkan cara bernyanyi yang benar bagi anak-anak.

Belajar Nama Notasi Lagu

Ini adalah awal yang baik untuk mulai belajar musik. Ajarkan lewat lagu yang berirama sederhana dan mudah diingat, seperti Twinkle Twinkle Little Stars. Pilihan lagu yang tepat harus memiliki melodi, lirik, dan irama yang tidak terlalu rumit agar tidak cepat kehilangan minat. Bisa juga menggunakan permainan mengingat nama hewan untuk membantu si Kecil mengingat urutan notasi secara visual.

Do Re Mi

Ini adalah metode yang sudah lama digunakan karena cukup sederhana untuk diingat oleh si Kecil. Selain mendorong mereka untuk ikut bernyanyi, cara ini juga mengembangkan kemampuan untuk mendengarkan musik secara seksama. Sebelum meminta mereka untuk menyanyi, mainkan lagu yang disukai dan minta untuk memperhatikannya.  Ulangi beberapa kali hingga anak-anak menjadi mahir dan hafal urutan nada.

Gunakan Alat Bantu Musik

Xylophone, piano, dan gitar bisa digunakan untuk memperkenalkan notasi musik pada anak-anak. Alat-alat musik tersebut mudah ditemukan dan dimainkan oleh siapa saja. Ada 8 notasi untuk setiap skala. Do biasanya pada C, tapi jika Anda menyanyikannya lebih tinggi atau rendah, bisa disesuaikan, misalnya D adalah Do untuk D mayor. Mulailah dengan mengajarkan si Kecil So-Mi, yang dalam skala C adalah G dan E. So-Mi adalah interval pertama yang gampang dilantunkan si Kecil dan kebanyakan lagu anak-anak didasarkan pada notasi tersebut.

Tingkatkan Kesulitan

Setelah akrab dengan So-Mi, Anda dapat memperkenalkan La (A). Tambahkan lagu baru seperti The wheels on the bus go round and round. Selanjutnya perkenalkan kedua Do, yaitu Do tinggi dan rendah, atau C atas dan bawah. Anda dapat meminta si Kecil untuk melompat tinggi dan rendah mengikuti irama atau menggunakan bantuan boneka untuk menjelaskannya. Lagu yang dapat dipakai agar mereka mudah memahaminya adalah The Balloon Song yang bisa dinyanyikan bersama sambil benar-benar memegang balon. Secara bertahap, tambahkan lagu Old Mcdonalds dan Bingo ke dalam koleksi lagu yang bisa dikuasai anak-anak.

Mungkin terlihat sedikit repot ya untuk mengajarkan cara menyanyi sesuai notasi yang tepat, tapi dengan banyak latihan si Kecil pasti bisa kok, Bu. Selamat mencoba ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait