©shutterstock

Duh, Anakku Tidak Mau Tidur Siang

Selain bermain dan belajar, anak-anak juga membutuhkan waktu istirahat untuk tumbuh kembangnya. Karena alasan itulah, tidur siang menjadi rutinitas wajib bagi si kecil. Sayangnya, semakin bertambahnya usia, anak-anak semakin sulit ketika disuruh tidur siang. Mereka lebih suka nonton TV atau pergi main bersama teman-temannya. Duh, bagaimana ya solusi mengatasi masalah ini? Cari tahu yuk, Bu.

Buat jadwal

Waktu sangat penting untuk mengajak si kecil tidur siang. Biasanya, para orang tua mengandalkan suara adzan dzuhur sebagai penanda bahwa anak-anaknya harus segera pulang dan tidur siang. Sayangnya, di jaman modern ini penanda seperti itu tidak berguna lagi. Anak-anak mulai tidak peduli dengan hal tersebut. Jadi untuk mengatasinya, atur jadwal tidur siang sendiri, Bu. Misalnya, si kecil harus tidur tepat tengah hari, pukul 12.30 setelah makan siang. Setiap kali jam menunjukkan waktu tersebut, lakukan pendekatan dengan si kecil agar dia mau beristirahat. Lakukan cara ini secara rutin agar si kecil memiliki waktu tidur yang tetap sehingga nantinya dia tidak bangun terlalu sore.

Konsisten

Setelah membuat jadwal, lakukan secara konsisten ya. Suatu hal yang dilakukan secara konsisten akan menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Ketika si kecil mulai terbiasa dengan waktu tidur siang yang Anda terapkan, jangan menunda dan jangan membuatnya lebih cepat agar waktu tidurnya tidak berantakan.

Ajak saudara untuk menemani si kecil tidur

Terkadang, anak-anak baru mau tidur ketika melihat saudaranya yang lebih tua tidur lebih dulu. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan mengajak kakak tidur bersama si kecil. Tapi kalau gagal, coba lakukan pendekatan lagi. Anda bisa meletakkan mainan kesayangannya di samping tempat tidur si kecil sambil berkata, “hei lihat! Mr. Teddy sudah menunggumu untuk tidur siang.” Dengan begitu si kecil akan naik ke tempat tidur dan memeluk boneka teddy bearnya.

Mengatasi anak-anak memang membutuhkan banyak usaha dan kreativitas. Meskipun begitu, jangan sampai Anda membentaknya ya. Masih ada banyak metode unik yang bisa dilakukan untuk membuat si kecil mau tidur siang. Selamat mencoba, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait