©shutterstock

“Duh, Bajuku Terkena Permen Karet”

Anak-anak sering pulang dengan noda di pakaiannya. Salah satu noda yang susah dibersihkan adalah permen karet. Ikuti trik-trik pintar berikut ini untuk menghilangkan noda permen karet yang menempel pada pakaian.

Membekukan

Masukkan pakaian yang ternoda permen karet ke dalam plastik lalu masukkan ke dalam freezer selama beberapa jam. Pastikan permen karet tidak menempel pada plastik. Keluarkan pakaian lalu kikis menggunakan pisau yang mempunyai bagian halus yang tidak bergerigi hingga tidak tersisa. Cuci menggunakan campuran sabun cuci piring dan cuka dapur sambil digosok pelan-pelan hingga bersih. Lanjutkan dengan mencuci seperti biasa. Jika masih ada sisa-sisa permen karet, ulangi proses yang sama.

Perendaman dalam Air Panas

Rendam pakaian yang ternoda permen karet dalam wadah berisi air panas. Bersihkan noda permen karet dengan menggunakan sikat gigi atau kikis dengan pisau. Cuci seperti biasa dan keringkan. Jika noda belum hilang, ulangi proses dari awal. Bisa juga menuangkan air panas langsung ke noda permen karet sambil disikat searah selama semenit atau lebih.

Penggunaan Alkohol

Gunakan alkohol untuk bahan pakaian yang halus, penggunaannya tidak akan menodai atau merusak warna kain. Ambil busa cuci piring dan tuang sedikit alkohol. Gosokkan ke atas pakaian yang terkena permen karet, tunggu beberapa menit untuk bereaksi. Lepaskan permen karet dengan perlahan menggunakan spatula atau sendok kayu. Oleskan pelembut kain, lalu cuci dengan sabun dan air hingga bersih.

Menggunakan Setrika

Penggunaan panas dipercaya dapat melepaskan permen karet dari pakaian. Tempatkan pakaian di atas beberapa kertas karton, dengan posisi permen karet menempel di atas kertas. Setrika sampai permen karet berpindah seluruhnya ke karton. Cuci hingga bersih menggunakan sabun cuci pakaian dan air.

Produk Hairspray

Salah satu produk kosmetik yang bisa digunakan untuk melepaskan permen karet dari pakaian adalah hairspray. Semprotkan produk rambut ini langsung ke noda hingga permen karet menjadi kaku, keras, dan mudah dilepaskan. Sesegera mungkin kikis permen karet menggunakan sendok atau pisau, lalu cuci dengan sabun.

Pilih trik-trik sederhana dan cepat ini untuk menghilangkan permen karet yang menempel di pakaian.

Share artikel ini:

Artikel Terkait