@shutterstock

Edukasi Si Kecil Tentang Jantung Sehat, Yuk!

Seindah apapun bentuk tubuh manakala kondisi jantung tidak sehat, maka tak akan ada gunanya. Sebagai pusat kendali kehidupan, jantung memang memiliki peran yang amat vital bagi tubuh. Beragam penyakit bisa kapan saja menyerang jantung. Jika tidak pandai-pandai menjaganya, usia pun bakal terenggut karenanya. Supaya si kecil dapat memahami dan selanjutnya bisa menjaga kesehatan jantungnya, berikan edukasinya berikut ini.

Kenalkan bagian jantung
Usianya yang masih belia memang masih belum memungkinkan bagi si kecil untuk memahami banyak hal rumit dan ilmiah seperti anatomi. Cabang ilmu biologi ini mempelajari tentang seluk-beluk bagian dalam sebuah organ. Secara teori memang masih belum tepat jika diajarkan kepada si kecil. Namun,. Secara visual anak bisa mempelajarinya. Sedikan bagan bagian jantung, baik berupa torso maupun buku bergambar. Jelaskan secara perlahan tentang bagiannya dan pembuluh darah yang ada di dalamnya.

Akibat jantung tak sehat
Setelah si kecil sudah cukup mengerti tentang bagian-bagian jantung, selanjutnya beritahukan kepadanya bahwa jantung tidak selalu sehat. Makan yang kurang sehat, seperti suka makanan dan minuman manis, hidangan cepat saji dan minuman bersoda juga bisa membuat kesehatan jantung terganggu. Selain itu, orang yang suka merokok dan minum minuman beralkohol juga bisa menyebabkan jantung mudah sakit.

Detak jantung normal
Selanjutnya, tunjukkan posisi jantung dalam tubuh. Suruhlah si kecil memegang bagian dadanya. Jika dia merasakan sebuah detak, maka di sanalah jantung berada. Dalam keadaaan normal jantung dapat berdetak sebanyak 120 kali per menit. Laporan U.S. National Library of Medicine menyebutkan anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun memiliki detak jantung 70 sampai 120 kali per menit. Anda dapat menggunakan informasi ini sebagai acuan mengukur kesehatan jantung bersama si kecil.

Makanan sehat untuk jantung
Apabila si kecil sudah paham dengan cara mengtahui jantung yang sehat, berikutnya kenalkan si kecil beragam makanan yang dapat mendukung kesehatan jantung. Makanan yang tak sehat memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Bila terlalu banyak kolesterol akan menghambat peredaran darah hingga membuat jantung tak bisa bekerja maksimal.

Sebaliknya, makanan yang sehat di sini merupakan asupan yang dapat membantu jantung bisa bekerja lebih optimal dan membuta peredaran darah lancar. Misalnya saja, ikan, sayur, buah-buahan dan juga gandum. Ulasan ini di dasarkan pada hasil penelitian yang dilansir dalam Journal of the American Heart Association “Circulation”.

Tunggu apalagi, yuk segera kenalkan si kecil tentang jantung yang sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait