©shutterstock

Edukasi Tentang Alat Elektronik Itu Penting Lho, Bu!

Teknologi yang semakin maju telah melahirkan banyak peralatan elektronik yang memudahkan kehidupan. Ada televisi yang membantu Anda mengetahui informasi dari dunia luar, DVD untuk memutar musik dan film lokal, AC yang membuat ruangan sejuk, dan lain-lain. Semua benda tadi digerakkan oleh setu alat kecil bernama remote control. Dari sinilah semuanya hidup.

Semua anggota keluarga harus tahu cara menggunakan remote yang benar, termasuk si Kecil. Hal ini penting untuk menjaga kualitas peralatan elektronik sehingga bisa bertahan lama dan selalu terasa seperti baru.

TV

Bentuk remot TV beragam, tergantung jenisnya. Namun tombol-tombolnya hampir sama semua. Tombol on/off berada di pojok atas dengan warna atau keterangan berwarna merah. Setelah itu ada deretan angka yang bisa dipakai untuk mengganti chanel TV. Kalau ingin membesarkan suara, tinggal memencet tombol “volume up” dan “volume down” untuk mengecilkan. Dampingi si kecil saat belajar menggunakan remot TV. Kenalkan si Kecil dengan jarak aman nonton TV dan bahaya terselubung agar dia bisa menggunakan dengan bijak.

AC

Remot AC tidak punya banyak tombol. Hanya ada on/off untuk menyalakan, up/down untuk menaikkan dan mengecilkan temperatur, dan beberapa tombol lain berisi keterangan untuk mengatur angin, timer, dan tingkat penyaringan udara. Anda bisa menjelaskan pada si Kecil tentang fungsi masing-masing sambil memberi contoh. Beri tahu juga kalau saat AC menyala, dilarang membuka jendela karena hal itu sama saja dengan pemborosan energi.

DVD

Ukuran remot DVD terbilang cukup panjang dan punya beraneka macam tombol untuk mengatur kecepatan disk di dalamnya. Namun yang terpenting adalah 5 tombol utama yaitu on/off, open/close untuk memasukkan dan mengeluarkan kepingan DVD, dan tombol volume.

Home Theater

Ketinggalan film di bioskop? Beli saja DVD-nya lalu putar sendiri di home theater. Selain remot DVD, home theater punya remot lain seperti remot tape untuk mengatur suara, remote TV, dan AC. Komponennya sama, jadi Anda tinggal menjelaskan mana remot untuk TV, AC, DVD, dan tape.

Mudah bukan? Si Kecil pasti senang sekali dikenalkan pada alat-alat elektronik ini. Meski begitu Anda harus selalu mendampinginya saat menggunakan elektronik agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat belajar!

Share artikel ini:

Artikel Terkait