@shutterstock

Eits, Jangan Lupa Mengajarkan Si Kecil Tentang Keamanan!

Anak-anak selalu bermain sebebas yang mereka inginkan, sampai-sampai mereka jarang ada yang memperhatikan keselamatan diri sendiri. Belum lagi rasa penasaran anak masih tergolong tinggi, sehingga mereka akan mencoba segala hal yang baru ditemui. Kekurangannya, si kecil masih belum begitu paham dengan mana benda yang membahayakan dan mana yang bukan. Di sinilah peran Anda sebagai orang tua amat dibutuhkan untuk menghindarkan si kecil dari berbagai hal yang bisa membahayakan dirinya.

Keselamatan dari api
Warnanya yang menyala dan semakin membara membuat api selalu menarik perhatian si kecil. Dia masih belum begitu mengerti tentang bahaya penggunaan api. Edukasi si kecil agar tidak mendekati api karena bisa membakar baju dan dirinya. Demikian juga saat si kecil sudah menyalakan api sendiri, himbau agar tidak menyalakan atau membuang bekas korek api dekat jerami atau benda lain yang mudah sekali terbakar. Jangan lupa untuk memberikan nomor telepon pemadam kebakaran setempat agar si kecil langsung bisa menghubunginya saat melihat kebakaran.

Keselamatan dari bahaya kekerasan
Dalam setiap pergaulan hampir bisa ditemukan ketidakcocokan antar individu. Faktor ini kadang bisa berimbas menjadi sebuah bentuk kekerasan yang bisa mengancam satu sama lain. Ingatkan si kecil agar tidak memilih teman dalam bergaul. Semuanya sama dan baik untuk diajak bergaul. Jangan sampai menyakiti teman yang lain karena bisa membuat mereka kelak melakukan pembalasan dan bisa jadi balik mengancam.

Keselamatan di jalan
Lingkungan bermain si kecil tak hanya rumah dan taman. Di antara dua tempat tersebut ada jalan raya yang menghubungkan keduanya. Cepat atau lambat anak-anak akan menyeberangi jalan untuk menempuh tempat yang mereka inginkan. Ajari si kecil untuk menyeberang jalan dengan benar. Perhatikan lampu lalu lintas. Jika lampu menunjukkan merah dan kendaraan berhenti, baru bisa menyeberangi jalan dengan aman. Bila bisa mintalah si kecil untuk menyeberang jalan bersama-sama guna mengurangi risiko kecelakaan.

Selain mengajari si kecil tentang keamanan dari hal-hal tersebut, Anda juga bisa mengenalkan beragam keselamatan yang lain dan jarang dilakukan oleh si kecil seperti lebih berhati-hati dengan benda tajam dan juga sengatan listrik. Termasuk juga agar tidak berteduh di bawah pohon saat hujan karena pohon mudah tumbang maupun tersambar petir. Keamanan ini sebenarnya hal-hal dasar yang ada di sekitar, cobalah untuk mengajarkannya secara bertahap pada buah hati Anda.

Tetap himbau si kecil agar tetap aman ya, Bu.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait