Etos Kerja Orang Tua, Teladan Bagi Anak

Sudah bukan menjadi hal yang baru jika sikap orang tua akan menentukan karakter dan kepribadian bagi anak. Bila orang tua sering mencontohkan hal-hal yang positif, maka anak juga akan tumbuh dengan kepribadian yang positif juga. Salah satu sikap yang akan menjadi cerminan bagi anak adalah etos kerja yang dimiliki oleh orang tuanya.

 

Kerja keras menjadi salah satu sikap yang harus dimiliki oleh masing-masing orang. Bila orang tua sering mencontohkan sikap ini pada anaknya, maka si kecil juga akan menirukannya. Etos kerja tidak selalu berupa sikap kerja keras saja. Lebih dari itu, orang yang memiliki etos kerja yang baik juga akan memiliki sikap yang terpuji lainnya.

 

Orang yang memiliki etos kerja tinggi, juga akan memiliki sikap tanggungjawab, disiplin, berpikir positif serta selalu berambisi untuk senantiasa berprestasi atau menggapai kesuksesan. Jika hal ini bisa diterapkan pada buah hati Anda, maka dia juga akan menjadi anak yang pintar dalam segala hal. Etos kerja bisa diterapkan dalam banyak hal,karena itu ada baiknya etos kerja Anda tanamkan pada si Kecil sejak dini.

 

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan etos kerja. Misalanya saja, dengan mengerjakan tugas rumah dengan rutin agar bisa berprestasi di sekolah. Kerja keras juga dapat diterapkan dengan mengajak si kecil rutin membersihkan rumah, membantu Anda memasak di dapur, dan banyak lagi. Jika hal ini bisa Anda terapkan sejak dini, maka semangat kerja keras anak bisa tumbuh dengan sendirinya.

 

Yang paling penting, jangan sampai menunjukkan sikap malas pada anak. Hal ini bisa membuat semangatnya dalam bekerja keras pudar. Sebaliknya, cobalah langsung menerapkan etos kerja yang tinggi dengan bangun lebih pagi, rutin membersihkan diri, makan tepat waktu, dan juga bekerja dengan sungguh-sungguh. Hal ini tidak hanya akan membuat gambaran yang mudah bagi anak, tetapi juga akan membuatnya bangga dengan kedua orang tuanya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait