©shutterstock

Hal-Hal yang Bisa Membuat Anak Percaya Diri

Sikap malu-malu pada si kecil memang wajar, bahkan kadang cenderung menggemaskan. Namun, sikap seperti ini bukanlah hal yang baik untuk dibiasakan. Anda perlu mengajari si kecil untuk berani tampil di depan dan lebih percaya diri. Proses ini tentu tidak mudah, tetapi Anda dapat membangkitkannya dengan langkah-langkah berikut ini.

Bahasa tubuh
Mula-mula beritahu si kecil bahwa dia memiliki tubuh yang sehat dan wajah yang tampan atau cantik. Dengan rupa yang seperti itu, si kecil tak perlu malu untuk berhadapan dengan orang banyak. Tinggal tanamkan perilaku yang baik pada si kecil, sehingga dia bisa berinteraksi dengan orang lain dengan penuh percaya diri dan kesopanan.

Membiasakan tersenyum
Selain dengan bahasa tubuh yang baik, ajarilah si kecil agar selalu tersenyum dalam keadaan apapun  yang terjadi. Sikap murah senyum sangat penting, di samping untuk mempermudah hubungan dengan  orang lain juga dapat menunjukkan bahwa si kecil selalu optimis dan percaya diri dengan apa yang dilakukannya.

Bertutur kata yang baik
Hal lain yang juga penting untuk menimbulkan kepercayaan diri si kecil adalah kebiasaan bertutur kata yang baik dan sopan. Ajari si kecil untuk tidak berkata yang kotor dan kasar kepada orang lain. Sebab, bisa membuat perasaan orang lain terluka dan menyebabkannya menerima sanksi sosial. Misalnya saja, dia akan dikucilkan oleh teman-temannya, sehingga dia merasa minder dan tak percaya diri lagi tampil di muka banyak orang.

Keahlian berbicara
Setelah si kecil bisa bertutur kata yang baik dan bersikap bijaksana, tibalah untuk memaksimalkan kemampuan berbicaranya. Orang yang memiliki keahlian berkomunikasi cukup baik, bisa lebih mudah untuk meyakinkan orang lain. Alhasil, jika si kecil mampu melakukannya, dia lebih tegas dan tampil percaya diri di setiap kesempatan bicara.

Luar biasa bukan? Segera ajari si kecil untuk lebih percaya diri ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait