©shutterstock

Hindari Beri Pujian Berlebihan Pada Si Kecil

Anak pintar, Adik cantik deh, dan beragam pujian lainnya sering diucapkan orangtua. Memang, pujian akan memberikan motivasi tersendiri bagi siapa saja yang mendengarkannya. Namun, siapa sangka, kalau Anda memberikannya terlalu banyak malah akan memberikan dampak buruk bagi si kecil. Wah.. cari tahu yuk apa saja akibatnya.

Mengurangi motivasi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carol Dweck dan Claudia Mueller dari Columbia University menemukan bahwa ketika anak- anak dipuji karena kecerdasan mereka, bukan karena kemampuannya, mereka cenderung kehilangan motivasi jika sampai mendapatkan hasil tes yang buruk. Nah, anak-anak ini jadi beranggapan kalau mereka bisa melakukan suatu hal karena pintar, bukan karena belajar keras. Maka dari itu, hindari memuji si kecil dengan mengatakan “kamu pintar sekali’.” Sebaliknya, Anda bisa menggantinya dengan, “Wah hebat! Belajar kamu nggak sia-sia selama ini.”

Menimbulkan kecemasan dan kegelisahan

Orang tua sering menganggap kalau pujian akan membangun harga diri si kecil. Padahal yang terjadi malah sebaliknya. Si kecil akan merasa telah melakukan semuanya dengan baik dan tanpa celah sehingga mereka akan sering meminta persetujuan Anda dari pada mengukur kemampuannya sendiri. Menurut University of Minnesota Extension office, anak-anak yang memiliki banyak pujian cenderung merasa cemas dan gelisah jika mereka gagal atau mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan.

Mencuri kesenangan si kecil

Di usia yang masih produktif, si kecil suka sekali bereksplorasi mencoba hal-hal baru. Sayangnya, pujian yang sering Anda berikan malah akan merusak kesenangan tersebut. Lebih baik beri tahu dia yang sebenarnya dari pada memberikan pujian. Kalau dia menemukan hewan-hewan baru yang menarik, jangan hanya bilang “Good job!” tapi ajak dia menelitinya lebih dalam lagi agar pengetahuannya semakin luas.

Mengurangi prestasi

Pujian yang terlalu banyak malah bisa menurunkan prestasi si kecil. Karena motivasinya sudah meredup dan dia merasa lebih baik dari siapa saja, maka prestasinya juga mengalami penurunan.  Karena alasan inilah, kurangi memberikan pujian yang berlebihan bagi si Kecil ya, Bu.

Ada kalanya si kecil juga ingin mendapatkan arahan, kritik, atau bahkan komentar pedas yang memicu perdebatan dari pada sekedar pujian. Semoga informasinya bisa membantu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait