@shutterstock

Hobi Peduli Lingkungan Sejak Dini, Kenapa Tidak?

Setiap orang harusnya memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungannya. Agar dapat teraplikasikan dengan baik, kebiasaan peduli lingkungan sebaiknya sudah diajarkan sejak dini. Lingkungan keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan hobi peduli lingkungan pada si kecil. Lalu, bagaimana mengajarkan anak untuk peduli lingkungan? Simak ulasan berikut ya.

Membiasakan buang sampah pada tempatnya

Mencintai lingkungan bisa dimulai dari hal yang paling kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Berikan pengertian kepada si kecil bahwa lingkungan akan terlihat lebih bersih dan indah dengan tidak adanya sampah yang berserakan. Selain itu, membuang sampah pada tempatnya dapat menurunkan risiko terjadinya banjir.

Berhemat energi

Ajari si kecil untuk berhemat energi yuk. Berhemat energi juga merupakan salah satu cara menjaga lingkungan lho. Minta kecil untuk mematikan lampu kamarnya ketika akan berangkat sekolah dan mematikan alat elektronik lain yang tidak digunakan. Dengan berhemat listrik berarti Anda dan keluarga juga sedang menghemat tenaga bumi.

Ajak si kecil berkebun

Dengan menanam tumbuhan, Anda dan keluarga telah berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan hidup lho. Nah, kebiasaan menanam dan merawat tumbuhan ini bisa dimulai dari kebun di halaman rumah. Berikan penjelasan pada si kecil bahwa dengan adanya tumbuhan hijau udara menjadi lebih sejuk dan rumah menjadi lebih rindang. Oleh karena itu, menanam sangat penting untuk masa depan bumi.

Selalu tanamkan kepada si kecil pentingnya kebiasaan mencintai lingkungan ya. Ulasan di atas memang terlihat sederhana, namun memberikan pengaruh yang luar biasa ke depannya. Semoga menginspirasi.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait