Home Sweet Home, Langkah Awal Cintai Rumah

Anda pastinya khawatir dengan si kecil yang lebih suka bermain di luar rumah. Apalagi jika lebih sering di rumah temannya hingga meninggalkan waktu makan dan mandinya di rumah sendiri. Ini tanda-tanda si kecil tidak betah berada di rumah lho. Untuk mengatasinya, Anda harus menciptakan suasana rumah yang nyaman dan ceria sehingga anak betah berada di rumah. Nah, berikut ini adalah tips untuk membuat si kecil lebih betah di rumah.

Ciptakan suasana yang hangat dan harmonis

Siapa yang tidak betah dengan suasana rumah yang hangat dan harmonis? Cobalah untuk menciptakan suasana penuh perhatian, keceriaan dan kedekatan antara anak dan orang tua. Dengan kenyamanan yang dirasakan, si kecil akan merasa betah berada dalam rumah dan lebih menghargai orang tua dan saudaranya.

Menjadi sahabat yang baik

Tidak adil rasanya jika si kecil lebih dekat dengan temannya daripada dengan orang tuanya sendiri. Oleh karena itu, coba dekatilah si kecil dan cobalah menjadi sahabatnya. Mulailah dengan menjadi pendengar yang baik untuk cerita-ceritanya. Jadilah sahabat ketika si kecil kesepian dan jadilah orang pertama jika si kecil membutuhkan nasehat.

Tidak otoriter

Bisa saja alasan anak lebih nyaman berada di rumah temannya karena dia bisa mendapatkan kebebasan. Sedangkan di rumah, mungkin Anda terlalu menekannya dengan berbagai disiplin dan peraturan. Cobalah berbicara dengan si kecil tentang apa yang disukainya dan yang tidak disukainya. Dukunglah apa yang diinginkannya jika hal itu dirasa positif untuknya.

Jadikan rumah bukan hanya tempat untuk singgah, namun tempat untuk berkumpul bersama keluarga. Saling berbagi keceriaan, kebahagiaan dan kasih sayang satu sama lain. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait