Ide Permainan Seru Untuk Acara Keluarga

Akhir pekan atau hari libur merupakan momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, baik keluarga inti maupun keluarga besar. Tak hanya sekedar duduk atau makan bersama, waktu bersama keluarga ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Agar family time tidak terasa membosankan, Ibu bisa mengisinya dengan menghadirkan beberapa permainan keluarga yang kreatif dan seru. Permainan keluarga ini sebaiknya bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga, baik tua maupun muda.

Memainkan permainan keluarga dapat menjadi family time yang seru dan menyenangkan. Permainan keluarga ini merupakan salah satu trik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keharmonisan keluarga. Berikut adalah beberapa ide permainan keluarga yang bisa dimainkan saat waktu berkumpul dengan keluarga agar terasa lebih menyenangkan

 

Tebak  Gaya

Tebak gambar bisa menjadi permainan keluarga yang sederhana dan mudah untuk dimainkan oleh seluruh anggota keluarga. Caranya siapkan pensil dan kertas besar. Lalu minta semua anggota keluarga untuk duduk mengelilingi pensil dan kertas besar tersebut. Putar pensil, hingga pensil berhenti dan mata pensil menunjuk salah satu orang, maka ialah yang bermain. Orang yang ditunjuk bermain harus memperagakan sebuah gaya dan pemain yang lain harus menebak gaya apakah itu.

 

Permainan Geografi

Permainan keluarga yang mungkin lebih dikenala di Indonesia sebagai “ABC 5 Dasar” ini ini membutuhkan wawasan yang cukup luas. Maka dari itu, selain menyenangkan permainan keluarga ini juga bisa mengasah kecerdasan. Caranya dimulai dengan satu pemain menyebutkan satu nama tempat (kota atau negara). Lalu pemain yang lain harus mencari nama tempat yang memiliki huruf pertama sama dengan huruf terakhir tempat yang disebutkan tadi. Contoh jika kakek mengeluarkan kata “Spanyol” maka ayah, kakak, atau Ibu harus menyebutkan sebuah tempat berawalan L, misal “Laos” atau “Lebanon”.

 

Puzzle
Untuk melatih kekompakkan keluarga, puzzle bisa menjadi permainan keluarga yang menyenangkan. Saling bekerja sama dalam mencari pecahan puzzle yang tepat dan menyusun puzzle hingga rampung. Selain dapat meningkatkan bonding antar keluarga permainan sederhana ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan otak. Khususnya otak si kecil yang akan semakin terasah karena permainan ini melatih fokus dan ingatan serta kemampuan problem solving pada anak.

 

Monopoli

Permainan keluarga yang satu ini cocok sekali untuk dimainkan bersama seluruh anggota keluarga. Semakin banyak orang yang ikut main, maka permainan monopoli akan semakin seru dan menyenanggkan. Masing-masing anggota keluarga bisa mengeluarkan jurus andalannya dalam mengatur strategi keuangan dengan baik. Tidak hanya melatih anak untuk berstrategi, karena harus bisa membeli atau menjual properti. Permainan ini juga mengajarkan si kecil untuk berhitung.

 

Scrabble

Si kecil bisa melatih untuk menyusun kata lewat permainan papan ini. Dengan bermain permainan ini pemain harus mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak. Biji permainan berupa keping berbentuk bujur sangkar yang bertuliskan huruf pada salah satu sisi. Pemain mengambil hingga sebanyak tujuh buah keping huruf dari kantong, dan berusaha menyusun kata secara mendatar atau menurun seperti teka-teki silang.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait