©shutterstock

Ikut Melepaskan Tukik di Bali Yuk!

Memperingati hari Penyu Sedunia yang jatuh pada 23 Mei ini dapat dilakukan sambil menghabiskan akhir pekan di Pulau Dewata, Bali. Penyu merupakan salah satu hewan laut yang terancam punah. Banyak hal yang menyebabkan populasi hewan ini makin sedikit. Selain karena laut yang makin tercemar, telur-telur penyu sering dicuri oleh manusia untuk pengobatan tradisional dan kandungan proteinnya yang tinggi. Padahal sebenarnya, kandungan protein pada telur penyu setara dengan telur ayam. Sangat disayangkan ya, karena butuh waktu berpuluh-puluh tahun bagi penyu untuk berkembang biak.

Kehadiran penangkaran penyu bisa membantu kelestarian hewan ini. Di Bali, ada beberapa tempat yang difungsikan untuk menangkarkan penyu. Salah satunya adalah Deluang Sari yang menghadap ke pelabuhan Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Tempat ini berupa delta kecil yang ditumbuhi hutan bakau yang asri. Selain itu, pantainya yang berpasir putih, bersih, dan berombak tenang menambah keindahan tempat ini. Deluang Sari didirikan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang memiliki kepedulian terhadap penyu setelah melihat banyaknya telur yang dicuri dan dijual secara ilegal. Bekerja sama dengan World Wildlife Fund (WWF) dan pemerintah setempat, dibangunlah tempat penangkaran ini.

Kolam-kolam penampungan yang ada di Deluang sari disediakan untuk menampung dan merawat penyu, sejak dari telur, menetas hingga dewasa. Anak-anak penyu yang baru lahir atau biasa disebut tukik, sebagian ada yang dilepas dan ada juga yang tetap tinggal di penangkaran. Kini Deluang Sari juga dibuka sebagai tujuan wisata. Apabila air laut sedang surut, tempat ini dapat dicapai dengan berjalan kaki, tapi perahu atau jukung bisa digunakan untuk menuju Deluang Sari saat air laut sedang pasang.

Selain merasakan pengalaman memegang penyu, melepas tukik ke pantai, dan berfoto bersama, ada beberapa hewan lain seperti ayam aduan, binatang, atau burung-burung liar yang bisa dilihat di Deluang Sari. Atraksi dari berbagai satwa pun bisa dinikmati di sini. Tak lupa disediakan berbagai restoran dan toko cinderamata untuk berburu oleh-oleh. Jika ingin mengunjungi penangkaran penyu Deluang Sari, arahkan kendaraan sejauh 27 km atau 35 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai.

Share artikel ini:

Artikel Terkait