©shutterstock

Indahnya Sabana, Padang Rumput yang Perlu Dikenal Si Kecil

Ingin menjauhkan si kecil dari TV dan gadget serta mencari tempat liburan yang unik? Berkemah di padang rumput atau sekedar mendaki dataran sabana bisa jadi pilihan. Selain mendekatkan diri pada alam, keluarga bisa memiliki quality time untuk meningkatkan kebersamaan.

Mengajak si kecil berliburan ke tempat yang baru tentu tidak mudah. Apalagi berhadapan langsung dengan alam, cek tips-tips di bawah ini untuk mengajak anak berlibur ke sabana ya.

 

Siapkan air minum

Kondisi cuaca dan udara di sabana dapat menjadi sangat panas sekaligus lembap, sehingga si kecil sangat mudah mengalami dehidrasi, seperti yang dilansir situs Travelforkids. Siapkan botol minum agar praktis dibawa dan selalu ingatkan si kecil yang aktif bermain untuk sering meminum air putih.

 

Siapkan kudapan

Siapkan kudapan yang praktis dan tetap menyehatkan bagi keluarga, terutama si kecil. Menurut situs Travelforkids, mendaki dataran sabana atau sekedar mengejar kupu-kupu dapat menguras tenaga anak. Siapkan roti, biskuit, atau kacang-kacangan untuk memberikan ekstra energi. Sambil mengudap camilan, Anda juga bisa beristirahat sejenak sambil menikmati indahnya sabana.

 

Gunakan alas kaki yang nyaman

Pastikan seluruh anggota keluarga menggunakan alas kaki yang nyaman. Jangan sampai si kecil rewel seharian karena kakinya lecet, setelah seharian berlarian di sabana. Situs Travelforkids menyarankan pemakaian sepatu dan kaus kaki untuk menjelajah alam padang rumput.

 

Tabir surya

Kurangnya pohon rindang di sabana, membatasi adanya tempat berteduh dari sinar matahari. Situs Travelforkids mengingatkan agar mengoleskan tabir surya pada kulit anak agar tidak mengalami luka terbakar karena matahari. Ulangi pemakaiannya berapa kali jika matahari sedang terik-teriknya. Selain itu pakaikan topi pada si kecil untuk melindungi kepala dan wajah dari sengatan matahari.

 

Kotak P3K

Isi kotak P3K dengan barang-barang yang mungkin akan Anda butuhkan, dari obat gigitan serangga hingga obat penghilang nyeri. Plester juga menjadi barang yang harus ada dalam kotak P3K. Helen Olsson, penulis buku The Down & Dirty Guide to Camping With Kids, juga menyarankan untuk membawa jepit dan kaca pembesar. Selalu ada kemungkinan si kecil tertusuk duri rumput, yang bikin anak merasa kesakitan dan kurang menikmati liburan di sabana.

 

Siap mengajak si kecil mengunjungi sabana? Siapa takut!

Share artikel ini:

Artikel Terkait