Ingin Si Kecil Hidup Sehat? Mulailah Dari Diri Anda

Anak kecil suka meniru segala sesuatu yang dilakukan oleh orang tuanya. Maka tak mengherankan jika gaya hidup dan kebiasaan makan Anda juga ditirunya. Oleh karena itu, awali segala sesuatu yang baik dan sehat dari diri Anda sendiri supaya si kecil mengikutinya. Bagaimana menjadi teladan yang baik bagi anak-anak? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Konsumsilah makanan yang sehat meliputi buah dan sayur.
2. Batasi porsi makan Anda, tak kurang dan tak lebih. Jangan membahas perihal diet di depan si kecil karena itu bisa  membuatnya menilai negatif tentang makanan.
3. Tak perlu bertengkar dengan si kecil mengenai makanan yang harus dikonsumsinya.
4. Ajak anak menentukan menu sehat yang akan dimakan hari itu sehingga ia pun mau makan dan tak rewel.

Selain menjadi role model yang baik, orangtua juga perlu memberikan batasan dan arahan kepada anak-anak seperti yang direkomendasikan Connie Evers, MS, RD berikut ini:

1. Membatasi aktivitas yang pasif, semisal menonton televisi, bermain video games atau komputer.
2. Mengajak anak terlibat dalam kegiatan yang sifatnya aktif, minimal satu jam dalam sehari.
3. Jika memungkinkan, mintalah sekolah untuk memperbanyak permainan aktif dan aktivitas belajar mengajar di luar kelas.
4. Buatlah daftar menu dan bahan makanan sehat untuk disimpan di dapur dan lemari es Anda.
5. Apa yang Anda lihat itulah yang akan Anda makan. Siapkan semangkuk penuh buah-buahan atau potongan sayur, sajikan roti isi atau yoghurt rendah lemak di tempat-tempat yang mudah terlihat.
6. Rencanakan menu mingguan. Hal ini cukup berguna bagi kesehatan bahkan juga bagi keuangan Anda.
7. Banyak restoran dan tempat makan yang memberikan informasi kandungan gizi dari makanan yang ada di menunya, baik itu dari brosur maupun dari website. Setelah mempelajarinya, buatlah pilihan yang lebih baik saat makan di luar.
8. Anak-anak umumnya memiliki selera makan yang lebih besar saat pulang sekolah, sebelum tidur atau setelah berolahraga. Anak yang lapar akan tergoda untuk makan makanan yang dilihatnya. Oleh karena itu, pastikan telah tersedia makanan ringan yang sehat dan lezat, seperi potongan buah-buahan, biskuit dari keju atau sayur-sayuran.
9. Batasi konsumsi soda atau minuman manis. Gantikan dengan air putih, susu atau jus buah asli.
10. Jika hendak bepergian, usahakan Anda sekeluarga sudah terlebih dahulu makan di rumah atau bawalah bekal sehat dari rumah.

Tak mustahil, role model yang baik akan menciptakan anak-anak yang sehat dan berperilaku baik.

Share artikel ini:

Artikel Terkait