vote

Ini Dia 4 Permainan Mengasah Otak Untuk Si Kecil

Agar mampu menstimulasi kecerdasan si kecil dengan baik, perlu ada sinergi dari lima panca indera si kecil. Untuk itu, Ibu dapat memanfaatkan permainan mengasah otak.

  • Rate Artikel ini

Otak adalah salah satu organ manusia yang sangat penting. Disini adalah pusat mengatur cara bergerak, melihat, berbicara, berpikir, mengingat, hingga mengontrol emosi. Agar mampu menstimulasi kecerdasan si kecil dengan baik, perlu ada sinergi dari lima panca indera si kecil. Untuk itu, Ibu dapat memanfaatkan permainan mengasah otak yang dapat membuat si kecil mengenal warna, tekstur, suara, penglihatan, serta bau. Dengan jenis permainan tersebut, Ibu dapat melatih si kecil untuk membedakan banyak hal. Berikut ini beberapa contoh permainan mengasah otak yang menyenangkan untuk si kecil yang mudah Ibu temukan :

  1. Bola

Tahukah Ibu, bahwa bola warna-warni dapat menjadi salah satu permainan mengasah otak yang baik? Bola dapat divariasikan menjadi beberapa permainan yang berbeda, seperti menendang bola ataupun melempar bola. Dengan bermain bola, si kecil dapat berlatih konsentrasi, motorik kasar, melatih koordinasi antara indera peraba serta indera penglihat, serta meningkatkan kemampuan membedakan warna.

  1. Puzzle

Meskipun jenis permainan mengasah otak yang satu ini dapat dimainkan sendiri. Ibu dapat berinteraksi bersama si kecil dengan mengarahkannya. Menyusun puzzle dapat membantu melatih kesabaran, mengasah kemampuan untuk menemukan solusi atas masalah, serta belajar mengidentifikasi bentuk. Pilih juga jenis puzzle dan tingkat kesulitan yang tepat untuk diberikan kepada si kecil agar sesuai dengan usianya.

  1. Balok

Balok merupakan jenis permainan yang terdiri dari beragam bentuk dan warna untuk dimainkan si kecil. Sebagai permainan yang mengasah otak, balok dapat membantu si kecil untuk mengidentifikasi warna serta bentuk. Ia juga dapat belajar berhitung dan meningkatkan kreativitasnya ketika menyusun balok. Bagi para Ibu, perlu diingat untuk memilih jenis balok yang aman untuk dimainkan si kecil, misalnya tidak memiliki sudut yang tajam,  material dasar dan pewarna.

  1. Aneka permainan yang mencocokkan warna, bentuk, dan gambar

Permainan yang memasangkan atau mengelompokkan warna, bentuk atau gambar yang sama tentunya memiliki banyak manfaat untuk si Kecil. Selain dapat menstimulasi kecerdasan, Ibu juga dapat menstimulasi kemampuan motorik halus, serta melatih konsentrasi si Kecil.

Artikel Terkait

Terbaru