@shutterstock

Intip Laktosa Dalam Susu Yuk, Nak!

Gula tidak selalu datang dari permen atau sekaleng soda. Banyak juga produk alami yang mengandung gula. Salah satu dari gula alami tersebut adalah laktosa yang banyak ditemukan di produk olahan susu. Gula susu atau laktosa yang tercantum dalam label nutrisi biasanya disebutkan dalam gram, dengan kata lain satu gram gula susu adalah laktosa.

Susu dan yogurt mengandung 12 hingga 13 gram gula setiap 8 ons penyajian. Susu rendah lemak atau susu skim juga memiliki kandungan gula yang sama. Semua gula yang terkandung dalam susu adalah laktosa. Namun, tidak semua produk susu memiliki kandungan laktosa yang tinggi karena beberapa orang memilki alergi terhadap laktosa. Sebagai contoh, satu ons keju cheddar, satu ons mentega, dan satu ons keju mozarella mengandung kurang dari 0,1 gram laktosa.

Gula dalam produk olahan susu tidak hanya berasal dari laktosa. Terkadang, gula tambahan ditambahkan ke dalam produk untuk menambah rasa manis yang disukai anak-anak. Contohnya, 8 ons susu cokelat rendah lemak memiliki hampir 24 gram gula. Hal itu sekitar dua kali lebih banyak dari susu biasanya. Tetapi susu cokelat mengandung kurang dari ½ gram laktosa, sisanya adalah fruktosa, glukosa, dan sukrosa.

Meskipun laktosa dicerna dengan cara yang sama seperti gula lainnya, produk olahan susu memilki banyak sekali nutrisi lain yang terkandung di dalamnya. Anda harus berhati-hati ketika ingin menambahkan gula ke dalam produk olahan susu, karena makanan yang mengandung banyak gula tidak akan memberikan banyak nutrisi untuk tubuh, kecuali kalori. The American Heart Association menyarankan agar perempuan mengonsumsi tidak lebih dari 25 gram gula tambahan atau 100 kalori setiap harinya. Sedangkan untuk laki-laki tidak lebih dari 38 gram atau 150 kalori.

Produsen susu dan produk olahannya tidak pernah mencantumkan jumlah gram gula pada label nutrisi. Mereka hanya mencantumkan berapa jumlah total gula yang mereka gunakan. Sebenarnya, hal ini akan mempersulit konsumen untuk mengetahui secara persis berapa persen gula yang ditambahkan dan berapa persen laktosa yang terkandung dalam susu dan produk olahannya.

Jika susu atau produk olahannya memuat istilah seperti fruktosa, glukosa, honey, high fructose corn syrup, dekstrosa, maltosa, atau sukrosa, pastikan Anda untuk tidak membeli ataupun mengonsumsinya. Mereka adalah pemanis yang berasal dari gula tambahan yang bisa membuat gula darah menjadi tidak stabil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait