‘Istana’ Aman Untuk Si Kecil

Strategi jitu menciptakan rumah yang aman dan nyaman untuk balita kita.

Si Kecil sudah mulai aktif bergerak, merangkak, atau berjalan? Pasti kita sudah mulai berpikir untuk membangun rumah yang aman untuk tinggal anak kita. Tak perlu membeli helm dengan desain khusus, miliki rumah aman dan nyaman lewat 4 langkah ini:

 

Always alert.

Jangan pernah tinggalkan si Kecil sendirian di luar pengawasan kita, terkecuali saat mereka sedang bermain dengan aman di dalam boks bayi atau sedang tertidur pulas. Pastikan untuk meletakkan benda-benda berbahaya di luar jangkauan anak. Selain itu, tidak ada salahnya bila kita sebagai orang tua mengetahui dasar-dasar pertolongan pertama pada anak dan menyediakan nomor-nomor penting di tempat yang mudah dicari saat kondisi darurat.

Ciptakan zona aman.

Lengkapi ruang-ruang di rumah dengan gagang pintu yang hanya bisa dibuka oleh orang dewasa, atau kita bisa membuat zona khusus si kecil dengan pagar-pagaran. Jauhi zona anak dari tangga, lemari berlaci, dan furnitur berbahaya lainnya.

Simpan barang pecah belah dengan benar.

Kemasi barang-barang warisan atau berharga dan benda yang mudah pecah lain pada tempat yang sulit dijangkau oleh si Kecil. Serpihan pecahan sangat berbahaya untuk kita sekeluarga terutama anak kita.

Patroli racun.

Simpan produk-produk  kebersihan, obat-obatan, minuman beralkohol, kosmetik, dan  barang-barang berbahaya lain di tempat yang tidak telihat dan tidak dapat dijangkau oleh si Kecil (dikunci lebih baik). Perlu diwaspadai juga bahwa ada tanaman yang beracun, letakan tanaman jenis tersebut jauh dari jangkau si Kecil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait