@shutterstock

Kurangi Penggunaan Kantong Plastik ya, Nak!

Saat ini banyak kampanye yang menyuarakan dampak buruk penggunaan kantong plastik. Di Indonesia sendiri, gerakan ini sudah lama dimulai. Sayangnya masih banyak yang belum sadar atau malah tidak peduli. Miris memang, padahal kalau mau berusaha pasti bisa kok lepas dari jerat kantong plastik.

Anda juga perlu mengajari si kecil untuk diet kantong plastik dan memberi tahunya tentang bahaya plastik untuk kehidupan. Kalau begitu yuk simak beraneka dampak buruknya!

Membunuh Kehidupan Laut

Sekitar 100.000 hewan, seperti lumba-lumba, paus, penyu, dan pinguin terbunuh setiap tahunnya karena menelan kantong plastik. Sistem pencernaan hewan tidak bisa memproses bahan ini sehingga menyebabkan gangguan kesehatan yang kronis dan berujung pada kematian. Banyaknya sampah plastik di laut menjadi penyebab utama hal ini terjadi. Jadi, yuk mulai kurangi penggunaan kantung plastik. Kalau bisa sekalian berhenti dan beralih menggunakan reusable bag.

Mengotori Lingkungan

Tanah tidak bisa menguraikan plastik dalam waktu singkat. Hal ini menyebabkan sampah tertimbun dan mencemarinya. Jika dibakar, sampah ini akan membuat udara kehilangan kesejukannya, sedangkan kalau dibiarkan saja membuat lingkungan kotor. Lalu apa yang harus dilakukan? Berhenti. Hanya itu satu-satunya jalan menyelamatkan lingkungan agar generasi selanjutnya bisa merasakan udara bersih dan lingkungan yang bebas polusi.

Menghabiskan Energi

Proses pembuatan plastik bisa dibilang cukup panjang dan menghabiskan banyak energi. Bayangkan saja, untuk membuat satu botol plastik dibutuhkan air sebanyak 3-5  liter. Selama satu tahun, pabrik plastik membuang CO2 sekitar 2.500.00 ton ke udara. Wah, padahal di negara-negara miskin, masih banyak yang kekurangan air. Untuk itu, yuk ajari si kecil berhenti pakai kantong plastik.

“Kalau tidak pakai plastik, nanti belanjaannya dibungkus pakai apa?” tidak perlu bingung karena sekarang ada banyak resuable bag yang bisa digunakan untuk menampungnya. Modelnya juga lucu-lucu dan bisa dilipat seperti dompet. Secara tidak langsung, penggunaan resusable bag akan mengurangi sampah plastik di bumi dan menyelamatkan hewan-hewan di alam liar. Yuk berhenti dari sekarang!

Share artikel ini:

Artikel Terkait