©shutterstock

Kancingkan Baju Dulu ya, Nak!

Di usianya yang masih belia si Kecil punya rasa ingin tahu yang besar, termasuk bagaimana cara mengenakan pakaian yang benar. Selagi masih kecil Anda harus mengajarinya agar nanti dia tumbuh menjadi pribadi yang rapi dan tahu banyak soal gaya berpakaian. Nah, berikut ini ada pelajaran dasar yang harus diketahui olehnya. Simak yuk!

Mengancingkan Baju

Ada baju anak-anak yang mulai memakai kancing dalam desainnya. Namun masih banyak yang belum tahu cara memasangnya dengan benar. Sebagai orang tua, Anda harus mengajarinya ketrampilan yang satu ini. Pertama-tama beri contoh dulu. Kenakan kemeja yang sama seperti milik si kecil dan tunjukkan cara mengancingkan yang benar. Dengan melihatnya, si Kecil akan mengingat setiap gerakan yang Anda lakukan.

Biarkan dia mencoba mengancingkan baju sendiri. Jangan tergesa-gesa membantu dan lihatlah  si Kecil bereksplorasi. Baru kalau dia mulai terlihat kewalahan, pegang tangannya dengan lembut dan tuntun mengancingkan baju dengan benar. Kalau sudah berhasil, beri ucapan selamat atau puji usahanya.

Memasang Resleting

Selain kancing, memasang resleting juga membuat si Kecil frustasi. Maka dari itu, ajari bagaimana cara mengacingkannya dengan cepat dan benar. Anda bisa mulai dengan memberi contoh langsung, kenakan jaket dan suruh si kecil memakainya juga. Setelah itu, tunjukkan bagaimana cara memasang dengan benar. Biarkan dia mendekat dan mengajukan pertanyaan karena hal semacam ini akan membantunya mengerti dengan cepat. Rapatkan kancing resleting lalu pasang keduanya. Tarik ke atas, dan taraaa! Resleting jaket sudah tertutup dengan sempurna.

Pakai Celana Sendiri

Setelah mengancingkan baju dan jaket, sekarang saatnya pakai celana. Cara termudah mengajari si kecil pakai celana sendiri adalah dengan memberi contoh. Anda bisa menggunakan boneka teddy bear sebagai media. Tunjukkan mana bagian depan dan mana yang belakang. Setelah itu beri tahu bagian kiri dan kanannya, baru pasangkan pada boneka.

Kemampuan berpakaian yang bagus akan membuat gaya si kecil semakin rapi dan rajin. Di samping itu dia juga bisa tahu banyak tentang dunia fashion yang tidak pernah lekang ditelan jaman. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera ajari si kecil! Selamat mencoba.

Share artikel ini:

Artikel Terkait