©shutterstock

Hemat Energi di Rumah, Yuk Kontrol Penggunaan Lampu

Bumi yang semakin perlu dirawat dan dilindungi. Sayangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan hal tersebut masih belum terbangun. Padahal untuk memulainya gampang sekali. Anda bisa mengawalinya dengan menerapkan di rumah. Sambil sekalian mengajari si kecil cara berhemat energi.

Sebagian besar rumah tangga pasti menghabiskan banyak biaya di listrik, terutama lampu. Hampir setiap hari benda ini hidup selama minimal 12 jam dan hanya mati saat siang dan pagi hari. Bayangkan, kalau listrik yang terbuang selama itu bisa dialokasikan menjadi biaya untuk kehidupan orang-orang di daerah terpencil. Pasti mereka juga bisa menikmati listrik sama seperti yang tinggal di kota besar.

Kalau begitu kapan sih waktu yang tepat untuk menyalakan lampu? Ketika matahari mulai terbenam,  nyalakan lampu rumah Anda agar suasana tetap terang. Nyalakan lampu ruang keluarga, ruang tamu, dapur, dan teras. Untuk lampu kamar, nyalakan ketika akan dipakai atau dibersihkan. Saat waktu beranjak tengah malam dan semua anggota keluarga mulai terlelap. Matikan lampu dapur dan ruang tamu karena kedua tempat ini sudah tidak digunakan lagi. Begitu juga dengan garasi dan kamar mandi.

Memasuki jam 5 pagi, segera matikan lampu kamar atau tempat lain yang lampunya masih menyala. Cara ini akan membantu menghemat energi dan juga memotong anggaran rumah tangga. Di samping itu, matahari sudah mulai menunjukkan jati dirinya, jadi buat apa menyalakan lampu kalau di luar terang benderang?

Oh ya, gerakan mematikan lampu ini juga ada perayaannya lho. Biasanya diadakan di hari sabtu terakhir bulan Maret. Acaranya cukup meriah dengan mengundang berbagai macam atraksi dari komunitas-komunitas setempat dan dilanjutkan dengan mematikan lampu di landmark kota. Mulai dari balai kota, gedung pemerintahan, taman, hingga pusat perbelanjaan. Jika ingin berpartisipasi tapi tidak bisa pergi keluar, lakukan saja di rumah. Padamkan semua lampu dan alat elektronik selama kurang lebih satu jam, dari pukul 20.30 hingga 21.30. Dengan begitu Anda telah mendukung acara perayaan Earth Hour ini dan membiarkan bumi menikmati kebebasannya meskipun hanya dalam waktu singkat. Mulai hemat energi yuk!

Share artikel ini:

Artikel Terkait