Keajaiban Air

Mulai sekarang minum air 1,5 – 2 liter setiap hari!

Tahukah Anda? 60-70 % tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu tidak mengherankan jika air sangat vital bagi kelangsungan hidup seseorang. Air yang terdapat pada makanan ataupun minuman sangat dibutuhkan untuk mengangkut nutrisi keseluruh tubuh.

Manfaat air :

  • Membantu penyerapan dan lalu lintas nutrisi
  • Membantu menjaga kestabilan suhu tubuh
  • Sebagai pelindung dan pelumas persendian dan otot
  • Melancarkan pembuangan kotoran
  • Menjaga kulit tetap halus
  • Membuang zat-zat sisa metabolisme

Pada umumnya manusia membutuhkan 1,5 – 2 liter air setiap hari untuk membantu menjaga keseimbangan di dalam tubuhnya. Namun jumlah air yang dibutuhkan setiap orang tidaklah sama, tergantung usia, suhu tubuh, lingkungan, penyakit dan kehamilan.

Begitu pentingnya air bagi tubuh sehingga bila seseorang kekurangan air dalam waktu singkat saja dapat membahayakan kesehatannya. Karena itu, jangan abaikan jika anda merasa haus karena itu adalah tanda-tanda pertama bahwa tubuh anda kekurangan air. Bila diabaikan anda bisa mengalami dehidrasi.

Apakah tanda-tanda dehidrasi?
Tanda-tanda dehidrasi: rasa haus, otot lemah dan kelelahan. Dehidrasi dapat mengakibatkan konsentrasi terganggu, sakit kepala, lekas marah. Dehidrasi berat dapat mengakibatkan gagal organ dan kematian.

Rata-rata orang dewasa kehilangan 10 gelas cairan setiap harinya, melalui keringat, air seni, pernafasan dan buang air besar. Sebaiknya minumlah air sesuai kebutuhan setiap hari. Sehat dimulai darimu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait