Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anak Jadi Susah Sarapan Pagi

Rasa kantuk yang masih meliputi seluruh anggota keluarga di pagi hari kerap menjadi alasan utama melewatkan sarapan. Orang dewasa bisa saja tidak sarapan pagi karena alasan waktu dan kemudian makan di saat brunch (breakfast lunch). Namun bagi si kecil, sarapan sangat penting untuk tumbuh kembang dan juga prestasi akademiknya, seperti yang dibuktikan oleh penelitian berikut ini.

Jika si kecil susah diajak untuk sarapan pagi, jangan langsung menyalahkannya ya Bu. Mungkin saja faktor kesulitan tersebut datang dari orangtua maupun lingkungan di sekitarnya. Sebaiknya Ibu ketahui kebiasaan-kebiasaan berikut ini yang membuat anak jadi sulit untuk sarapan pagi.

 

1. Bangun Kesiangan

Bangun kesiangan akan menyebabkan segala kegiatan di pagi hari menjadi serba terburu-buru. Akibatnya Ibu tidak sempat menyiapkan sarapan pagi ataupun hanya menyiapkan sarapan seadanya tanpa memikirkan asupan gizinya.

 

2. Menuruti Anak yang Tidak Lapar

Jika si kecil menolak sarapan karena tidak merasa lapar atau karena masih mengantuk, jangan sampai Ibu menuruti keinginannya untuk tidak sarapan tersebut ya Bu. Ingatlah bahwa perut si kecil telah berada dalam keadaan kosong semalaman, sehingga ia membutuhkan asupan nutrisi yang harus dipenuhi untuk beraktivitas dan juga untuk mebantu proses tumbuh kembangnya

 

Baca Juga: Sarapan Yuk, Nak! 

 

3. Sarapan Sendiri

Ibu mungkin terlalu sibuk menyiapkan sarapan untuk si kecil sehingga saat makanan siap, si kecil hanya makan sendirian tanpa ditemani Ibu. Melihat Ibu sibuk seperti itu, mungkin saja si kecil akan merasa bingung. Mengapa orangtuanya tidak sarapan juga? Jangan sampai si kecil berpikir jika orangtuanya saja tidak sarapan, maka ia akan berfikir hal yang sama pun juga boleh dilakukannya.

 

4. Menu yang Sama

Menyajikan menu yang itu-itu saja dengan tampilan yang sama setiap harinya kerap membuat si kecil bosan dan menolak makan. Orang dewasa pun bisa mengalami kebosanan dalam urusan makanan yang dikonsumsi, tidaklah heran jika si kecil bisa menjadi bosan dan susah untuk diajak sarapan.

 

5. Porsi Besar

Memberikan menu sarapan yang terlalu banyak dan harus dihabiskan dalam waktu cepat, pastinya akan membuat si kecil sulit untuk mengonsumsi sarapan. Tentu Ibu harus memastikan nutrisi si kecil terpenuhi, namun perhatikan juga porsinya ya Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait