Kembangkan Potensi dengan Mengenali Ciri Anak Cerdas Sejak Dini

Pada dasarnya kecerdasan seorang anak sudah bisa terlihat sejak usia dini dari sikap dan perilakunya. Namun sayangnya kebanyakan orangtua tidak menyadari hal tersebut sehingga mengukur kecerdasan anak dilakukan hanya ketika sudah memasuki tahap sekolah.

Dengan mengetahui ciri-ciri anak cerdas yang bisa Ibu perhatikan kepada si kecil bisa membuat evaluasi terhadap perkembangan anak. Jika perkembangannya ada yang dirasa lambat maka dengan mudah Ibu bisa memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.  Selain itu dengan evaluasi terhadap perkembangan anak, Ibu juga bisa memberikan arahan yang lebih spesifik sehingga si anak akan tumbuh sesuai dengan potensi kecerdasan yang dimilikinya.

 

  • Selalu ingin tahu

Jangan malas menjawab atau bahkan memarahinya, ika si kecil banyak bertanya, karena ini adalah salah satu ciri anak cerdas, yakni selalu igin tahu akan segala hal. Maka dari itu sebagai orang tua yang bijak, Ibu harus menjawab pertanyaan si kecil dengan benar dan bijak, agar rasa keingintahuan si kecil bisa tersalurkan dengan baik.

 

  • Daya ingat yang kuat

Ciri anak cerdas yakni dapat mengingat sesuatu dengan baik sejak mereka kecil. Sebagai contoh, anak umur dua tahun mampu mengingat dan menceritakan kembali kejadian sejak dia umur 18 bulan.

 

  • Sangat aktif

Anak yang cerdas dikenal sangat aktif, dan memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari anak yang lainya. Namun sebelumnya, Ibu harus bisa membedakan seperti apa anak yang hiperaktif dan anak yang aktif. Perbedaan ini bisa terlihat jelas, karena biasanya anak aktif lebih sabar dan gemar dengan banyak gerakan yang dilakukan fisik, sedangkan anak hiperaktif cenderung agresif, tidak bisa diam, dan tidak fokus.

 

  • Percaya Diri

Percaya diri merupakan ciri anak cerdas yang membuat diri si kecil menjadi menonjol di antara teman-temannya. Si kecil tidak lagi merasa minder atau malu berada di lingkungan baru. Serta berani mengutarakan yang ada di pikirannya dan merasa yakin dengan lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini yang perlu Ibu lakukan adalah memberikan dukungan untuk bakat yang digemari oleh anak.

 

  • Berpikir selangkah lebih maju

Berbeda dengan anak pada umumnya, si kecil seringkali berpikir selangkah lebih maju misalnya ingin mempelajari sesuatu yang baru. Hal ini menunjukkan salah satu ciri anak cerdas yang terdapat dalam diri si kecil.

 

  • Berani

Jika si kecil mempunyai keberanian untuk mencoba hal-hal yang baru, Ibu tidak perlu khawatir karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk perkembangan kecerdasan seorang anak. Dengan rasa percaya diri dan berpikir maju tersebut, anak tentu akan menjadi lebih berani untuk menunjukkan prestasi dan kemampuannya. Anak yang berani akan lebih cepat untuk maju karena tidak membatasi dirinya untuk mencoba sesuatu yang baru.

 

  • Kreatif

Anak cerdas memiliki kreativitas yang tinggi. Si kecil mampu mengutak-atik kemampuan berpikirnya. Ketika anak memiliki permasalahan maka ia akan dapat mencari solusi untuk memecahkan permasalahannya. Contoh sederhana, ketika ia mulai membongkar mainan puzzlenya meski sesulit apapun dia akan tetap menyelesaikan susunan puzzlenya dengan bentuk yang sedemikian rupa. Selain kreatif, hal ini juga menunjukkan bahwa si kecil sudah mampu bertanggung jawab dan bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapinya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait