Kiat Buat Si Kecil Disiplin di Rumah

Mendidik anak untuk disiplin sangatlah penting bagi perkembangannya kelak. Jika anak terbiasa manja, suatu saat dia akan mengalami shock saat harus memasuki dunia sosial secara langsung. Nah, berikut ini adalah tips yang dapat Anda coba untuk membuat anak disiplin di rumah.

Buatlah Kesepakatan

Buatlah kesepakatan terlebih dahulu dengan si kecil sebelum membuat peraturan apapun. Berikan penjelasan kenapa hal tersebut dilarang dan apa akibatnya jika si kecil tetap melakukannya. Pasalnya, jika Anda marah akan sesuatu hal yang tidak dia mengerti, maka hanya akan membuatnya semakin bingung dan tidak mematuhi Anda.

Berikan Toleransi

Mendidik si kecil untuk menjadi disiplin bukanlah perkara yang mudah. Ada proses panjang yang harus Anda lalui, dan dilakukan secara bertahan, bahkan bisa jadi  membutuhkan waktu yang lama. Jadi, jika Anda masih menemukan si kecil tidak disiplin jangan terburu marah dan menghukumnya. Berikan toleransi dan pengertian kembali. Perlu diingat mereka masih di usia anak-anak.

Tegur dengan Kasih Sayang

Mendisiplinkan anak bukan berarti harus bersikap kasar bukan? Tegur si kecil dengan kata-kata baik yang dapat diterima olehnya dan tidak menyakiti hatinya. Anak-anak lebih menghargainya dibanding dengan bentakan dan teriakan kasar. Anda harus lebih sabar ya.

Berikan Reward

Jika si kecil menaati disiplin yang telah dibuat dengan baik, bersikap manis dan menjaga perilaku dan ucapannya tetap baik, nah saatnya Anda berikan reward agar si kecil semakin percaya diri dan bersemangat untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebenarnya predikat untuk "anak nakal" tidak pernah ada. Semua anak baik dan manis jika para orang tua tahu cara memperlakukan anaknya dengan baik pula. Semoga berhasil dengan pendidikan disiplinnya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait