©shutterstock

Kiat Jitu Menjadi Konsumen Cerdas

Dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional, penting kiranya menjadi konsumen cerdas ketika membeli barang-barang kebutuhan. Jangan terlena dengan berbagai macam promo yang disediakan agar pengeluaran tidak membengkak dan Anda mengalami kerugian. Nah, berikut ada 4 kiat jitu menjadi smart consumer. Disimak yuk!

Cari Rekomendasi

Tidak ada salahnya untuk bertanya dulu sebelum membeli. Anda bisa mencari tahu tentang tempat yang menjual barang-barang kualitas bagus dengan harga terjangkau dari teman atau kenalan. Kalau masukan yang didapat berbeda, coba pikirkan dengan matang lagi. Sesuaikan dengan anggaran dan keperluan untuk menentukan pilihan yang tepat, atau Anda juga bisa langsung datang ke tokonya. Kalau dirasa tidak cocok, tinggal pindah ke tempat lainnya. Mudah bukan?

Beli Langsung dari Produsen

Sedang mencari sayuran segar? Beli saja langsung dari petaninya. Di beberapa daerah bisanya diadakan farmer market, di mana harga jauh lebih miring daripada di supermarket. Selain itu, sayurannya juga masih segar dan kualitasnya juga bagus karena baru saja dipetik langsung dari ladang. Cara ini juga membantu mendukung kegiatan ekonomi lokal sehingga Anda telah turut serta menyejahterakan negeri ini.

Beli Dalam Jumlah Besar

Untuk beberapa kebutuhan yang tahan lama dan bisa dipakai dalam jangka waktu  yang cukup panjang, Anda bisa membeli secara grosir. Biasanya harganya jauh lebih murah daripada beli eceran. Barang-barang tahan lama tersebut antara lain beras, minyak goreng, sabun cuci,  gula, garam, pelengkapan kamar mandi, dan lain sebagainya. Selain menekan biaya, hal ini juga membantu menyelamatkan lingkungan dari limbah plastik.

Perhatikan Label Kemasan

Untuk beberapa produk makanan jangan lupa untuk memperhatikan label kemasan, khususnya tentang Guideline Daily Amount (GDA). Meski tampak asing, tapi informasi yang tertera cukup membantu menentukan komposisi nutrisi sebelum terlanjur membeli. Gunanya, tentu saja agar produk kemasan yang dibeli, baik makanan maupun minuman, benar-benar bisa menyumbangkan nutrisi yang cukup sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Untuk yang satu ini, Anda perlu menerapkannya sebagai kebiasaan dalam rutinitas harian. Saat berbelanja atau membeli sesuatu, gunakan reusable bag sebagai pembungkusnya. Cara lainnya bisa dengan manfaatkan kantung kertas dan kardus supaya sampah plastik berkurang. Kalau Anda berhasil lepas dari kecanduan kantung plastik, maka lingkungan akan semakin bersih dan sehat.

Jadi konsumen cerdas itu gampang. Awali dari diri sendiri dan kemudian ajak orang lain supaya sama-sama bisa merasakan manfaat baiknya. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait