©shutterstock

Kiat Pintar Mengajak Si Kecil ke Perpustakaan

Tidak punya rencana untuk mengisi akhir pekan ini? Kenapa tidak mencoba mengajak si Kecil ke perpustakaan? Selain memberikan pengalaman baru, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan kecintaannya membaca buku.

Ada beberapa peraturan yang harus diikuti sebelum pergi ke perpustakaan. Ajari si Kecil hal-hal yang tidak boleh dilakukan di perpustakaan ya.

Tidak Berlarian

Anak-anak cenderung merasa bersemangat dan penuh energi saat akan bepergian ke tempat yang baru. Sebelum menuju perpustakaan, ceritakan sedikit tentang tempat tersebut agar ia mempunyai pandangan akan apa yang akan dihadapi. Beritahukan rencana Anda saat berada di perpustakaan, misalnya membaca buku bersama dengan tenang, meminjam buku tertentu, atau mendengarkan pertunjukan boneka. Sesampainya di perpustakaan, ingatkan tujuan yang ingin dilakukan, sehingga si Kecil tidak perlu berlarian untuk mencari apa yang diinginkannya.

Tidak Berisik

Sebelum pergi ke perpustakaan, bicarakan tentang bagaimana tempat tersebut mempunyai aturan khusus. Salah satu yang paling penting adalah menjaga volume suara tetap rendah. Latihlah terlebih dahulu dengan bergantian berbisik satu sama lain, hingga mendapatkan suara yang pas. Saat berada di perpustakaan, ingatkan apa yang sudah dilatih, apabila si Kecil mulai berisik.

Memperlakukan Buku-Buku dengan Baik

Sebelum melangkahkan kaki ke perpustakaan, beritahukan pada si Kecil untuk memperlakukan buku-buku dengan baik, misalnya membuka halaman buku dengan lembut dan tidak berisik, tidak makan atau minum di dekatnya, dan merusaknya dengan menggambari atau melipatnya. Hal ini juga jadi kesempatan emas untuk mengajarinya bersimpati terhadap orang lain. Ingatkan bahwa buku tersebut nantinya juga akan dibaca oleh orang lain, sehingga harus dijaga dengan baik.

Ajak ke Bagian Khusus Anak-Anak

Biasanya perpustakaan dibagi menjadi beberapa bagian yang memisahkan jenis-jenis buku. Bawa si kecil ke rak-rak yang menyimpan buku khusus anak-anak, agar ia tahu apa yang dicari dan tidak mengganggu pengunjung lainnya. Dampingi saat memilih buku agar sesuai dengan kemampuan membaca dan usianya. Ajak ke ruang khusus untuk membaca bersama atau tanyakan apakah ingin membawa pulang buku tersebut.

Supaya tidak mengganggu pengunjung yang lain, kenalkan peraturan-peraturan di atas sebelum mengunjungi perpustakaan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait