@shutterstock

Ladang Ternak, Sarana Edukasi Si Kecil pada Alam

Libur telah tiba, libur telah tiba, hore hore hore

Begitu mungkin pemikiran si Kecil. Kebingungan mencari kegiatan untuk mengisi liburannya dengan hal-hal yang bermanfaat? Ajak saja mengunjungi ladang ternak. Selain memperluas pengetahuannya, anak-anak juga pasti akan menikmati aktivitas memberikan makan ternak, dan mengenal beragam produk ternak.

Manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan mengunjungi ladang ternak? Simak bareng-bareng ya, Bu.

Menunjang Proses Belajar

Menurut Farm Connection Manual Public dari University of Carolina, kunjungan ke ladang ternak memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menggunakan semua indra yang menunjang proses belajarnya. Semakin mereka melihat, menyentuh, membau, dan merasakan hal-hal yang sedang dipelajari di sekolah, akan membuatnya lebih mudah memahami dan mengingat-ingat pelajaran yang didapat. Selain itu melihat lebih langsung juga akan merangsang rasa ingin tahu dan mengajukan banyak pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang sejelas-jelasnya.

Mendukung Kebiasaan Makan yang Baik

Di daerah perkotaan, sebagian besar anak-anak punya pengetahuan yang terbatas tentang asal makanan, pentingnya makan makanan bernutrisi, dan menjalani hidup sehat, seperti yang disadur dalam Sustainable Agriculture Research and Education Program. Jika selama ini si Kecil hanya tahu asal makanannya lewat buku yang dibaca atau program acara di TV, perkenalkan secara langsung produk ternak yang bisa dikonsumsi untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dan kuat. Misalnya, bicarakan nilai nutrisi telur, daging ayam, susu, maupun daging sapi sambil melihat bagaimana hewan ternak dipelihara dengan baik.

Mengajarkan Tanggung Jawab

Anak-anak dapat belajar banyak dan mengembangkan sifat-sifat kepribadian yang positif lewat bekerja dengan hewan ternak. Memberi makan hewan dan membantu mengumpulkan hasil ternak mengajarkannya tanggung jawab dan pentingnya kerja keras. Memperkenalkannya pada hewan ternak sejak dini akan memberikan pemahaman yang lebih besar akan arti mencintai dan menjaga alam sekitarnya.

Variasi dalam Kegiatan

Si Kecil yang dihadapkan dengan sekolah, kursus, dan jadwal bermain lama-lama akan mengalami kebosanan karena rutinitas yang itu-itu saja. Berikan variasi dalam liburan kali ini dengan membawanya ke tempat yang baru untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda. Selain itu, Ibu juga bisa menghemat biaya dan waktu karena tidak perlu membawanya ke tempat yang jauh dan memerlukan lebih banyak dana. Win-win solution deh!

Ternyata banyak juga manfaat yang dipetik saat mengajak si Kecil mengunjungi peternakan. Tunggu apalagi Bu?

Share artikel ini:

Artikel Terkait