Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Jadikan Gadget Sebagai Permainan Anak yang Mendidik!

Gadget memang sudah menjadi bagian dari kehidupan modern. Selain itu, si Kecil merupakan bagian dari generasi yang terlahir ke dunia yang sudah terpapar gencarnya perkembangan teknologi digital sehingga ia sudah berinteraksi secara regular dengan teknologi digital sejak usia dini. Karenanya, si Kecil dapat dengan mudah mengoperasikan gadget. Gadget tak sepenuhnya buruk kok, Bu. Jika disikapi dengan cara yang tepat, Ibu dapat melindungi si Kecil dari dampak buruk penggunaan gadget dan justru dapat memanfaatkan gadget sebagai sarana belajar, karena sebenarnya ada banyak pilihan permainan anak yang mendidik melalui gadget.

Yuk simak tips penggunaan gadget yang tepat untuk si Kecil berikut ini sebelum Ibu jadikan gadget sebagai permainan anak yang mendidik.

  1. Gunakan gadget sesuai usia dan kebutuhan

Misalnya, jika Ibu merasa si Kecil yang duduk di usia SD perlu dibekali handphone untuk kebutuhan komunikasi seputar penjemputan di sekolah atau tempat les, maka berikan ia handphone yang cukup untuk kebutuhan ini, tak perlu memberinya smartphone. Usia yang sesuai juga harus diterapkan dalam hal penggunaan sosial media, aplikasi dan games.

  1. Pilih games dan aplikasi yang mendidik

Ada banyak aplikasi dan permainan anak-anak yang mendidik di gadget. Sebelum memberikannya pada si Kecil, pilih dengan seksama mana saja yang memang mendidik. Ibu sebaiknya bersikap cermat dengan membaca reviewnya dari situs yang terpercaya dan kemudian mencoba sendiri terlebih dahulu aplikasi serta permainan tersebut sebelum mengizinkan si Kecil memainkannya. Ada banyak jenis permainan mendidik yang kemudian diadaptasi untuk dimainkan dengan gadget seperti teka-teki silang, tebak kata, kuis pengetahuan dan aneka board games mendidik. Ada pula aplikasi yang memang dirancang untuk membantu si Kecil belajar sesuatu dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Misalnya aplikasi mengenai tubuh manusia, tata surya, berhitung, dan sebagainya.

  1. Batasi screen time

IDAI menganjurkan screen time, atau waktu yang dihabiskan anak di depan layar kaca, tak lebih dari 2 jam dalam sehari. Yang dimaksud dengan screen time di sini tak hanya layar gadget, tetapi juga layar computer dan televisi ya, Bu. Dengan membatasi screen time si Kecil akan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan aktivitas bermain lainnya, termasuk aktivitas di luar ruang dan berinteraksi dengan anak lain.

Jika Ibu masih bingung menentukan mana aplikasi atau permainan anak-anak di gadget yang mendidik, pilihlah yang interaktif, memungkinkan untuk dimainkan bersama anak lain sehingga anak tetap bisa bersosialisasi, memberi kesempatan untuk bereksplorasi dan membutuhkan pemecahan masalah. Kemudian, jangan lupa untuk selalu mengawasi si Kecil saat bermain dengan gadget ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait