Langkah Tepat Tinggalkan Si Kecil di Rumah

Tidak sedikit dari para orang tua yang harus meninggalkan si kecil di rumah. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk pergi, sebaiknya pastikan terlebih dahulu agar si kecil tetap aman di rumah. Walupun itu sudah kebiasaan sehari-hari, bukankah keamanan si kecil adalah yang paling utama?

Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum bersiap meninggalkan si kecil di rumah sendirian. Apa saja itu, mari simak yang berikut ini.

Memastikan pendamping anak di rumah

Meninggalkan si kecil sendiri di rumah tanpa pengawasan orang dewasa tetaplah hal yang berbahaya. Oleh karena itu, pastikan si kecil ditemani oleh salah satu anggota keluarga atau pengasuh yang aman. Untuk pengasuh, pastikan Anda sudah mengenalnya dengan baik, ya.

Buatlah daftar kegiatan yang harus dipatuhi oleh si kecil selama Anda tidak ada. Misalnya, jadwal mandi, waktu minum susu, waktu belajar dan waktu makan. Pastikan juga Anda selalu mengecek keadaan si kecil via telepon untuk memastikannya sudah melakukan jadwal makan dan istirahat dengan baik.

Memberikan tanggung jawab pada si kecil

Saat Anda tidak berada di rumah, bukan berarti si kecil bebas bermain begitu saja ya. Buatlah kesepakatan dengan si kecil untuk melakukan tugasnya, misalnya mengerjakan PR, membersihkan tempat tidurnya sendiri atau memberi makan ikan peliharaanya. Jika si kecil melakukan tugasnya dengan baik, berikan sebuah pelukan dan hadiah kecil untuk sikapnya yang baik sepanjang hari.

Luangkan waktu untuk bersama

Sepadat apapun kesibukan Anda di luar, bukan berarti Anda dapat meninggalkan si kecil terlalu sering. Usahakan memiliki sedikit waktu untuk menjalin kedekatan dengan si kecil. Hal ini penting untuk membuat si kecil tidak kehilangan peranan Anda sebagai orang tua.

Terkadang, kasih sayang itu bukan dilihat dari fasilitas apa saja yang Anda berikan pada si kecil. Namun, berapa banyak waktu yang Anda berikan untuknya. Selalu luangkan waktu Anda untuk anak tersayang, ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait