©shutterstock

Lengkapi Ransel Dulu yuk Sebelum Berwisata

Studi wisata bisa menjadi media pembelajaran yang bagus untuk si kecil. Tak hanya ilmu yang didapat, tapi juga pengalaman. Di Indonesia sendiri ada banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk studi wisata. Mulai dari museum, taman safari, kebun binatang, kawasan industri, candi-candi, hingga perkebunan. Namun sebelum berangkat, lengkapi ransel kecil dulu yuk!

Biasanya studi wisata mewajibkan pesertanya membawa benda-benda seperti berikut ini:

Buku Catatan

Perlengkapan yang satu ini harus selalu dibawa si kecil saat study wisata. Fungsinya untuk mencatat segala macam informasi dan pengetahuan baru yang di dapatkan. Biasanya, guru akan meminta siswa membuat laporan setelah studi wisata. Nah, kalau si kecil punya catatan, membuatnya akan semakin mudah.

Air Minum dan Bekal Makan Siang

Studi wisata biasanya membutuhkan waktu yang lumayan panjang dan si kecil diharapkan untuk tetap fit supaya bisa mengikuti dengan lancar. Air minum akan membantu menjaga stamina si kecil sehingga dia tidak gampang lelah. Di samping itu, kalau studi wisatanya di wilayah terbuka, air minum akan melindungi si kecil dari dehidrasi serta menjaga kesehatannya.

Selain itu, si kecil juga harus bawa bekal makan siang dan cemilan agar tidak bosan. Anda bisa memasak makanan kesukaannya sebagai bekal dan membawakan beberapa potong buah dengan saus sebagai cemilan. Hindari membawakan si kecil junk food dan pilih camilan-camilan sehat yang dibuat di rumah.

Pakai Baju Nyaman dan Topi

Saat studi wisata, jangan lupa untuk memakaikan baju yang nyaman pada is kecil. Kalau bisa yang mampu menyerap keringat agar tidak mengganggu belajarnya. Kalau tujuan studi wisata di tempat terbuka dengan udara yang panas, jangan lupa untuk membawakannya topi supaya terlindungi dari terik matahari.

Tambahan, kalau Anda terlalu khawatir, tambahkan kotak P3K dalam ranselnya. Isinya bisa berupa minyak angin, minyak gosok, plester luka, dan obat luka. Jadi jika sewaktu-waktu si kecil mengalami cedera bisa dengan cepat diatasi. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait