Let’s Hike (Ayo Mendaki)

Olahraga alam yang bisa dilakukan bersama keluarga saat liburan sekolah.

Liburan panjang sekolah adalah waktu yang pas untuk membawa buah hati bersantai dan bergembira. Ketimbang hanya mengajak mereka berkeliling mal, kali ini bawalah mereka untuk rehat sejenak dari segala hiruk pikuk kehidupan kota. Dan perkenalkan si kecil pada liburan jenis baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Seperti, aktivitas mendaki atau hiking.


Hiking tak akan pernah mengecewakan. Pasalnya, aktivitas yang dilakukan di alam selalu bisa memberikan kesegaran baru. Udara yang segar dan paparan hangat sinar matahari yang menyapu kulit mampu memperbaharui energi dan melepaskan hormon endorfin yang akan membuat suasana hati kembali baik. Ajaibnya, semua ini bisa kita rasakan hanya dalam 5 menit.

 

Tidak hanya berhenti di situ saja, aktivitas ini juga bisa melatih beberapa otot sekaligus. Saat mendaki bukit sembari mengenalkan unsur alam pada si Kecil, kita sudah bisa melatih tubuh bagian belakang dan bawah. Sebaliknya, saat menuruni bukit, bagian paha hingga kaki pun bisa dibentuk. Melakukan hiking selama 1 jam bisa membakar 442 kalori tanpa kita sadari.


Agar liburan sehat ini bisa berjalan lancar tanpa hambatan, ada beberapa persiapkan penting yang harus dilakukan, misal sepatu hiking, jas hujan, topi, dan tabir surya tak boleh terlupakan. Lalu, carilah medan pendakian yang landai. Medan yang terlalu curam berbahaya bagi anak-anak. Sebelum membuat jadwal hiking, pastikan cuaca di tempat tujuan pada waktu yang diinginkan cerah. Mendaki dalam cuaca buruk berbahaya untuk diri sendiri dan orang yang ikut bersama kita.

Lantas, sudah siapkah kita mengajak anak berlibur sehat sambil menambah pengetahuan soal alam. Tunggu apalagi? Let’s hike!

Share artikel ini:

Artikel Terkait