©shutterstock

Liburan Seru Sesuai Usia Si Kecil

Walau semua liburan pada dasarnya menyenangkan, tetapi hal itu tidak selamanya membuat si kecil selalu bahagia. Banyak orang yang memprioritaskan pilihan liburannya untuk mengusir penat ala orang dewasa. Padahal, saat itu sedang liburan keluarga dan si kecil tak selalu paham jika deburan ombak itu menyenangkan maupun pohon-pohon di gunung asri dan membuat hati tenang. Hal ini karena daya pikirnya masih belum mampu untuk memahami hal semacam itu.

Meski begitu, Anda perlu memilihkan liburan yang sesuai dengan usia si kecil. Meskipun dia masih belum bisa menentukan destinasi wisata yang diinginkan, tetapi sebagai orang tua Anda memahaminya. Beberapa pilihannya diulas sebagai berikut.

Sebelum usia satu tahun
Di rentang usia ini akan lebih baik jika si kecil banyak tinggal di rumah. Bayi yang belum berusia satu tahun membutuhkan jam tidur yang lebih banyak. Tujuannya agar bisa memaksimalkan proses tumbuh kembangnya. Jangan terburu-buru untuk membawanya jalan-jalan, karena daya tahan tubuhnya masih lemah dan dia rentan sakit. Demikian yang disampaikan oleh Marion Lindblad-Goldberg, PhD, profesor psikologi kesehatan dari University of Pennsylvania Medical School.

Usia 1-3 tahun
Memasuki usia satu sampai tiga tahun, waktu yang tepat untuk mengajaknya pergi ke museum atau taman terbuka. Menurut Marion, pada usia ini perkembangan otak si kecil mulai berjalan lebih kompleks. Dia membutuhkan banyak pengetahuan baru untuk menambah wawasannya. Museum menyimpan banyak hal yang bisa dipahami si kecil dengan melihat langsung objeknya. Sedangkan taman terbuka bisa membantu si kecil bergerak bebas dan mengasah kemampuan motoriknya.

Usia 4-5 tahun
Pada usia ini Anda sudah bisa mengajak si kecil ke taman hiburan, di samping mengenalkannya dengan beberapa teman baru. Kemampuan anak sudah berkembang setingkat lebih komplit lagi. Marion mengatakan pada usia ini segala hal baru yang dikenal si kecil bakal dianggapnya sebagai hal penting. Taman hiburan banyak dikunjungi oleh banyak orang dengan beragam budaya. Di sini si kecil bisa mengenal lingkungan yang lebih luas. Bahkan dia bisa langsung berinteraksi dengan orang lain.

Usia 6 tahun lanjut
Pola pemikiran anak sudah berkembang dengan baik. Profesor Marion menyatakan si kecil mulai bisa membedakan mana hal yang baik dan mana yang tidak. Jika hendak mengajaknya liburan, alam dan hal-hal yang begitu menarik, dapat Anda kenalkan. Anda bisa mengajaknya ke gunung, taman nasional, kebun binatang, taman safari hingga ke pantai. Semakin banyak yang dia ketahui, maka semakin besar potensinya menjadi anak yang pintar.

Itu dia liburan seru yang dapat Anda lakukan sesuai dengan usia anak.

Share artikel ini:

Artikel Terkait