@shutterstock

Makna Sebuah ‘Makan Keluarga’

Kesibukan yang kian padat membuat acara makan keluarga jadi semakin jarang terlihat. Apakah Anda juga merasakannya? Dilansir dari Budi Sutomo, S.Pd., makan bersama keluarga di rumah memiliki banyak manfaat, khususnya bagi anak-anak. Ingin tahu lebih lanjut tentang makna sebuah makan keluarga, yuk simak ulasan berikut ini.

Memastikan asupan gizi si kecil
Pada usianya yang masih dini, anak-anak belum memiliki pengetahuan yang baik tentang jenis makanan sehat. Kekurangan jenis gizi tertentu dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Nah, dengan makan keluarga Ibu bisa lebih memperhatikan kelengkapan gizi si kecil dengan baik. Apalagi masakan Ibu dijamin lezat, terjaga kebersihannya dan pastinya sehat untuk si kecil.

Mengajarkan cara makan yang baik
Makan bersama keluarga juga bisa menjadi media mendidik anak lho, terutama dalam hal cara makan yang baik. Ketika makan keluarga, minta si kecil untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini penting agar tangan si kecil bebas dari kuman penyakit. Setelah itu, biasakan si kecil berdoa terlebih dahulu sebelum makan. Agar lebih seru, minta si kecil untuk memimpin doa ya. Kemudian, mulai ajari si kecil untuk bersikap yang baik di meja makan seperti mengambil makanan menggunakan tangan kanan.

Tempat untuk saling bercerita
Meja makan keluarga bisa menjadi tempat yang pas untuk saling bercerita. Ketika makan, biarkan si kecil bercerita tentang hari-harinya di sekolah, menceriakan tentang temannya atau kegiatan baru yang disukainya. Saat makan juga bisa menjadi ajang diskusi keluarga untuk memutuskan tujuan wisata akhir pekan atau sekedar ngobrol tentang hal-hal ringan. Makan ditemani orang-orang tersayang dan bercerita berbagai macam hal sangat baik untuk perkembangan si kecil lho. Oleh karena itu, makan bersama keluarga sangatlah disarankan.

Segera luangkan waktu Anda untuk makan bersama keluarga ya karena banyak sekali manfaat yang bisa didapat berawal dari meja makan. Semoga menginspirasi keluarga Anda.

Share artikel ini:

Artikel Terkait