©shutterstock

Manfaat Memberikan Nasihat Kepada Si Kecil

Menjadi orang tua memang tak boleh henti-hentinya untuk mengingatkan anak saat dia berbuat salah. Dalam perkembangannya si kecil memang butuh dukungan moral yang positif. Pola pikirnya yang masih belum stabil menjadi alasan pentingnya memberikan nasihat buat si kecil. Sebab, dengan cara inilah anak-anak bisa terus membenahi kesalahannya dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Lebih lengkapnya berikut ini manfaat memberikan nasihat kepada si kecil.

 

Mengajarkan ketekunan

Nasihat yang positif kepada si kecil akan menuntunnya menjadi anak yang tekun untuk belajar. Michael Gurian, ahli terapis dan psikolog anak, menjelaskan nasihat merupakan wujud motivasi terbaik yang bisa diterima anak-anak dari orang tua. Jalinan yang kuat antara Ibu dan anak membuat setiap saran yang diberikan bisa mudah diaplikasikan. Si kecil pun akan menjadi lebih tekun dalam mempelajari hal-hal baru yang penting untuk proses hidupnya.

 

Membuat pikiran anak lebih matang

Banyak petuah yang diberikan oleh orang tua dalam bentuk berbagi cerita pengalaman hidup di masa lampau. Perjuangan keras untuk mewujudkan sesuatu yang pernah dialami orang tua secara tak langsung dapat menumbuhkan pola pikir anak supaya bisa mencontohnya. Si kecil akan terus memahami jika hidup ini perlu perjuangan dan semangat yang tinggi. Walhasil, pola pikir anak secara bertahap akan lebih matang.

 

Menumbuhkan tanggung jawab

Salah satu momen yang sering dimanfaatkan untuk memberikan nasihat adalah saat anak sedang tidak semangat atau bermasalah dengan teman-temannya. Kondisi semacam ini memang rentan membuat anak putus asa, sehingga cukup tepat untuk memberikan nasihat agar si kecil bisa kembali bersemangat. Dari nasihat yang Anda berikan ini akan membuat si kecil bangkit dan mencoba menghadapi segala hal yang ada dalam proses hidupnya. Sikap tanggung jawab dalam diri anak pun secara perlahan akan ikut tumbuh.

 

Menumbuhkan persaudaraan

Anda mungkin tak akan menduga jika nasihat sederhana yang sudah Anda berikan kepada si kecil ternyata memiliki manfaat yang baik untuk pergaulannya. Si kecil mencoba meminta maaf kepada temannya atau dia secara berani untuk mengakui kesalahan karena membuat temannya marah atau kecewa. Selain memunculkan sikap tanggung jawab, keberanian si kecil  tentu akan membuat teman-temannya kagum. Mereka pun akhirnya bisa menjalin tali persaudaraan yang lebih kuat.

 

Jadi, jangan bosan-bosan memberikan nasihat yang baik buat  buah hati Anda ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait