Manfaat Musik Untuk Perkembangan Anak

Di waktu lengang atau mungkin sedang penat, musik menjadi salah satu sarana untuk menghibur diri. Alunan irama yang merdu, membuat musik dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan damai. Tidak hanya untuk orang dewasa, musik juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses tumbuh kembang anak. Lewat beragam jenis musik, anak-anak akan mempelajari dan mendapatkan beragam hal baru yang tentunya bisa menambah wawasannya.

Melatih anak tangkas bicara

Sering mendengarkan lagu-lagu yang berirama musik, akan merangsang anak-anak lebih mudah untuk menghafalkan banyak kosakata. Dari sini, si kecil akan terbawa suasana dan sering mengucapkan beberapa kata dalam syair lagu-lagu tersebut hingga fasih. Dia pun akan lebih tangkas saat Anda ajak untuk berbicara berdua.

Mengenalkan hal baru

Syair sebuah lagu terkadang tak semua dituliskan dengan bahasa yang lugas. Beberapa lagu menggunakan padanan kata yang cukup asing bagi anak-anak. Jika dia sudah sering mendengarkannya, maka akan mendorong rasa penasaran yang ada dalam dirinya. Akhirnya, anak akan menanyakan kepada Anda tentang maksud dari kata-kata tersebut dan buah hati Anda pun menerima pengetahuan baru.

Membuat anak lebih pintar

Musik bukan sebatas sarana hiburan semata. Di balik iramanya yang merdu, setiap lagu memiliki pesan moral yang dapat diserap. Demikian pula dengan lagu anak-anak, yang menyimpan beragam makna dan menjadi sebuah edukasi baginya. Hasilnya, si kecil akan menjadi lebih pintar dan dapat langsung mempraktekkannya.

Mempertajam daya ingat anak

Teori yang diajarkan secara monoton dan membosankan pada anak akan sulit untuk diingat dan membuat anak lebih mudah untuk melupakannya. Lain halnya dengan bait lagu yang dapat diterima anak dengan menyenangkan dan penuh antusias, sehingga mudah terekam dalam memorinya. Bila Anda ingin mengajarkan sesuatu pada anak-anak, sebaiknya jadikan sebuah lagu atau dengan iringan sebuah musik.

Demikian manfaat musik yang dapat diterima oleh anak-anak. Selamat menerapkannya pada buah hati Anda ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait