Manfaat Olahraga Beregu

Manfaat Olahraga Beregu

Jika melihat aturan olahraga yang umum, maka sederhananya bisa dikatakan bahwa olahraga itu dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama adalah olahraga yang bisa dilakukan sendiri, misalnya lari pagi, naik sepeda, renang, dan lain-lain. Kedua adalah olahraga yang menetapkan aturan harus dijalankan secara beregu, sebut saja misalnya sepak bola, basket, dan sejumlah permainan tradisional yang bisa kita temukan di mana-mana.

Nah, berbicara soal olahraga beregu, ternyata olahraga model ini mempunyai banyak keunggulan yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan fisik anak dan perkembangan jiwanya.

Secara umum, manfaat berolahraga adalah membantu pertumbuhan anak dalam bentuk memperkuat fisik, menjaga kesehatan, melatih keseimbangan, membangun ketahanan, atau mempercepat pertumbuhan. Sedangkan, manfaat olahraga beregu bagi perkembangan jiwa anak ternyata sangat penting. Melalui olahraga beregu, anak-anak akan belajar dari pengalaman tentang hal-hal yang sangat penting bagi hidupnya.

Berikut manfaat olahraga beregu bagi perkembangan psikologi anak:

  • Belajar menghormati orang lain

  • Belajar berkomitmen pada janji

  • Belajar punya manajemen waktu

  • Latihan berempati

  • Latihan berkomunikasi

  • Latihan bekerja sama dengan tim / kelompok (sosial)

  • Latihan leadership saat memimpin dan dipimpin

Manfaat olahraga beregu yang paling menonjol tentunya anak belajar bekerja sama dengan anggota regu yang lainnya. Kemampuan bekerja sama dengan orang lain bukanlah hal yang mudah untuk dikuasai. Anak harus belajar untuk bisa berbagi tugas dan kepercayaan dengan temannya. Dia tidak semata-mata mengandalkan dirinya sendiri.

Baca juga: Dampak Sosial Olahraga bagi Pola Pikir Anak

Olahraga beregu akan menunjukkan pada anak bahwa satu orang yang memiliki kemampuan luar biasa dalam olahraga tersebut tidak akan menjamin kemenangan bagi regunya. Namun, faktor utama yang menentukan kemenangan tim adalah kemampuan regu itu untuk bekerja sama dalam menjalankan strategi dalam pertandingan. Maka, kemenangan suatu regu dalam pertandingan adalah kemenangan bersama, bukan kemenangan satu orang saja.

Dari sini anak juga akan belajar mengenai komunikasi, empati, dan kepemimpinan. Seorang pemimpin regu atau kapten dalam tim sepakbola misalnya, bisa mendorong anggota regunya untuk tampil secara optimal.

Manfaat olah raga beregu yang tidak kalah pentingnya adalah melatih anak untuk bisa menerima kekalahan secara sportif dan melatih anak untuk mengelola kemenangan secara baik. Dua hal ini memang gampang diajarkan lewat ucapan. Tetapi efeknya kecil dibanding dengan pembelajaran langsung.

Tentu Ibu sebagai orangtua bisa tetap menjelaskan secara verbal, bahwa ketika anak berkompetisi, akan ada pihak yang menang dan yang kalah. Karena itu anak harus belajar berbesar hati menerima kekalahan. Jangan sampai anak saling menyalahkan dengan anggota timnya. Sedangkan anak yang menang jangan sampai besar kepala. Pengalaman langsung akan dialami sendiri oleh anak ketika mereka berkompetisi.

Itulah beberapa manfaat olahraga beregu. Faedah lainnya dapat kita lihat bahwa olahraga ini umumnya sangat seru sehingga anak-anak bisa bertahan lama dan selalu senang karena bisa berkumpul dengan timnya.

Karena itu, porsi anak dalam berolahraga perlu diperhatikan. Jangan sampai mengabaikan banyak hal yang juga penting dalam perkembangan anak. Sebab, bagi anak, yang terpenting adalah menjaga keseimbangan antara pertumbuhan dan perkembangan di berbagai hal.

Baca juga: Agar Anak Aman Saat Olahraga

Memang, jika kesempatan, kemampuan, dan keinginan mendukung, akan sangat bagus bila orangtua mulai melihat keterlibatan anak dalam olahraga beregu ini sebagai basis pembinaan bakat menuju profesi anak nantinya. Mengenali bakat anak tentunya penting bagi persiapan masa depan anak. Misalnya Ibu melihat kehebatan yang alami dari kemampuan putra-putri Ibu di salah satu cabang olahraga beregu. Lalu orangtua mengarahkan anak untuk menjadi atlet dengan bimbingan dan pembinaan. Tentu ini butuh perhatian dan pengorbanan.


Yang terpenting, biarkan anak-anak menikmati olahraga sebagai media untuk bersenang-senang. Olahraga beregu juga digunakan untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di dalam dirinya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait