©shutterstock

Manfaat Rasa Ingin Tahu Bagi Si Kecil

Si kecil selalu merasa ingin tahu terhadap apapun yang ada di sekelilingnya? Wah, ini pertanda baik lho, Bu. Pasalnya, rasa ingin tahu ini dapat memberikan banyak pengaruh positif pada si kecil. Mau tahu apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Mudah berteman
Anak yang memiliki rasa ingin tahu tinggi biasanya sangat mudah berteman. Pasalnya, saat bertemu anak baru tanpa malu mereka akan bertanya siapa namanya, alamat rumahnya dan hobi apa yang dimilikinya. Nah, berawal dari perkenalan inilah si kecil akan semakin mudah berteman.

Meningkatkan perkembangan otak
Si kecil yang ingin selalu tahu tentang apapun yang ada si sekitarnya, otomatis tidak pernah berhenti berpikir hingga menemukan jawabannya. Otak yang selalu diasah untuk berpikir akan merangsang kecerdasan si kecil. Hal ini dikemukakan oleh David Knopman, seorang profesor neurologi di Mayo Clinic Rochester.

Anak lebih aktif dan ceria
Rasa ingin tahu yang tinggi adalah tiket bagi si kecil untuk selalu melakukan hal baru, memecahkan teka-teki dan menghadapi tantangan. Hal semacam inilah yang akan membuat si kecil menjadi anak yang aktif dan lebih ceria. Menemukan jawaban atas rasa ingin tahunya merupakan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri baginya.

Arahkan rasa ingin tahu si kecil ke arah yang positif ya. Misalnya saja yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah, sains, atau penemuan kreatif lainnya. Anda bisa membantunya menemukan hal baru dengan mengajaknya jalan-jalan atau ‘berjelajah’ dengan internet. Selalu dampingi si kecil dalam masa perkembangannya ini ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait