©shutterstock

Manfaatkan Koran Bekas Untuk Bersihkan Kaca, Bisa Kok!

Punya banyak koran bekas di rumah? Jangan terburu-buru membuangnya. Barang bekas yang satu ini ternyata bisa lho dipakai untuk bersih-bersih rumah, seperti jendela kaca di seluruh penjuru rumah. Selain hemat, cara ini juga ramah lingkungan. Anda tidak perlu membuang koran bekas tadi karena bisa membantu pekerjaan rumah tangga.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan saat akan membersihkan menggunakan koran bekas. Pertama siapkan cairan pembersih jendela. Bisa pakai cuka yang dicampur air jika tidak ada. Larutan baking soda juga bisa digunakan sebagai alternatif lain. Sedangkan takarannya, 2 gelas air ditambah ¼ cangkir cuka dan ½ sendok teh sabun cair. Jangan lupa koran bekas dan kain lap turut disiapkan juga.

Langkah-langkah Membersihkan

Pertama-tama, bersihkan dulu jendela menggunakan kemoceng untuk mengusir debu-debu yang menempel di permukaannya. Untuk yang membandel, semprotkan sedikit cairan pembersih jendela lalu lap menggunakan kain. Gosok sampai debunya hilang.

Kaca yang sudah bebas debu bisa mulai dibersihkan menggunakan koran bekas.  Semprotkan cairan pembersih atau larutan cuka ke kaca. Lipat kertas koran menjadi sedemikian rupa lalu buat gerakan searah untuk mengusir segala macam kotoran yang menempel di sana. Arah yang beraturan akan membuat kotoran lebih mudah terangkat dan tidak akan meninggalkan bekas di sekeliling kaca. Kalau sudah, semprot lagi menggunakan larutan pembersih dan lap sampai kering. Taraaa! Kaca kembali bening.

Tak selamanya barang bekas itu tidak berguna. Anda bisa memanfaatkannya menjadi beraneka macam benda serba guna dan punya nilai guna. Dari pada dibuang dan mengotori lingkungan, mending dipakai untuk meringankan tugas rumah tangga.

Selain kertas koran, barang bekas seperti botol kecap, toples selai, dan kain perca juga bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah jadi lebih rapi. Kain perca misalnya. Kalau disatukan dan ditumpuk-tumpuk bisa dipakai sebagai keset atau serbet meja makan. Untuk botol kecap, Anda bisa mengubahnya menjadi pot bunga di ruang tamu. Toples selai bisa dialihfungsikan menjadi akuarium mini atau sebagai tempat meletakkan pernak-pernik di rumah. Menarik ya? Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait