©shutterstock

Mari Ajarkan Si Kecil Menyayangi Penyu!

Penyu masuk dalam daftar hewan yang dilindungi. Namun masih banyak yang memburunya untuk diambil cangkang, daging, ataupun telurnya. Padahal penyu-penyu ini lahir ke dunia untuk menjadi penyeimbang kehidupan manusia. Miris sekali bukan? Untuk itu Anda dan si Kecil harus melindunginya. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan penyu dari kepunahan.

Matikan Lampu Saat di Pantai

Cahaya lampu yang menerangi pantai bisa menghambat penyu bertelur. Hewan lembut ini memanfaatkan cahaya bulan sebagai penunjuk jalan untuk mengeluarkan semua telur-telurnya. Sayangnya, banyak  yang malah menjadikan hal ini sebagai objek wisata. Duh! Jangan ikut-ikut ya! Biarkan penyu bertelur dengan bebas supaya generasi baru lahir tanpa cacat dan bisa menyelamatkan kehidupan para penyu.

Jangan Meninggalkan Sampah di Pantai

Pantai adalah rumah bagi penyu dewasa yang akan bertelur dan tempat tumbuhnya tukik-tukik muda. Kalau pantai kotor, telur penyu akan terancam dengan berbagai macam zat kimia yang dihasilkan oleh sampah sehingga tidak bisa lahir. Hal ini tentu saja membuat kehidupannya berada di ambang kepunahan karena tidak ada generasi penerus.

Di sisi lain, pantai dan laut yang kotor akan mengganggu tukik yang akan menyeberang ke laut lepas. Deretan sampah dan limbah di perairan membuat pandangan penyu kecil ini kabur. Sistem navigasinya juga jadi kacau sehingga tukik tidak bisa menentukan arah dengan benar. Oleh kerena itu, jangan pernah meninggalkan sampah sekecil apapun ketika Anda main ke pantai. Lingkungan yang bersih membuat kehidupan reptil laut ini terselamatkan.

Jadi Relawan

Tidak ada salahnya untuk mengajak si Kecil jadi relawan penyu. Beberapa organisasi lingkungan hidup sering mengadakan kegiatan seperti bersih-bersih pantai atau berdonasi demi menyelamatkan kehidupan penyu. Anda bisa berpartisipasi sekaligus mengajari si Kecil pentingnya menyayangi penyu.

Penyu induk hanya kembali ke pantai untuk bertelur. Dalam satu kali, telur yang keluar bisa mencapai 900 butir lho. Sayangnya hanya 1 persen saja yang bisa bertahan hingga dewasa. Maka dari itu, diperlukan campur tangan manusia untuk menjaga penyu-penyu ini lahir dan meneruskan kehidupan bangsanya. Jadi, mari lindungi penyu sekarang juga!

Share artikel ini:

Artikel Terkait