@shutterstock

Melihat Indahnya Biota Laut Bunaken Tanpa Harus Diving

Taman Nasional Bunaken secara resmi didirikan pada tahun 1991 dan menawarkan keindahan terumbu karang yang beragam, serta ribuan ikan yang cantik. Anda tidak perlu menyelam untuk memanjakan mata dengan pemandangan bawah lautnya.

Ada beberapa cara selain menyelam, untuk menikmati biota laut menakjubkan di Bunaken.

Snorkeling

Bunaken termasuk dalam tujuan snorkeling paling terkenal di dunia. Tidak hanya memiliki kombinasi langka keanekaragaman hayati laut, tapi juga air lautnya yang sebening kristal dengan jarak pandang hingga 40 meter. Banyak tempat penginapan yang memiliki terumbu karang luar biasa di depan pintunya. Tapi jika ingin melihat lebih banyak dan mengunjungi tempat yang tidak banyak terjamah tangan manusia, pertimbangkan untuk menggunakan paket snorkeling atau menyewa perahu penduduk setempat. Biasanya dikenakan biaya 50 ribu rupiah setiap kapal per hari. Untuk peralatan snorkeling, ada banyak tempat yang menyewakan atau menjualnya. Untuk menyewa masker dan kaki katak akan dikenakan tarif 50-100 ribu rupiah per hari. Jika sedang beruntung, Anda bisa mendapatkan pengalaman snorkeling bersama lumba-lumba, penyu, atau ikan pari yang kebetulan berenang di permukaan. Wah seru banget!

Melihat Indahnya Bawah Laut dengan Kapal

Sedang tidak ingin menceburkan diri ke laut untuk menikmati pemandangan bawah laut? Ada pilihan lain selain diving atau snorkeling untuk melakukannya. Ikut saja dalam tur menggunakan kapal yang mempunyai dasar gelas kaca bening untuk menikmati cantiknya terumbu karang. Satu kapal dapat diisi hingga 6 orang, dengan biaya sekitar Rp 2.800.000,00. Tak tahan hanya berada di atas kapal? Melanjutkan aktivitas seharian dengan melakukan snorkeling juga nggak masalah kok. Justru dengan menggunakan kapal ini, Anda akan diantar ke area-area yang memiliki kumpulan terumbu karang yang langka dan jarang dikunjungi wisatawan lain.

Bunaken Dolphin Watching

Taman Nasional Bunaken tidak hanya habitat alami bagi terumbu karang, tapi juga untuk lumba-lumba dan paus. Sekumpulan lumba-lumba terlihat secara rutin di perairan Bunaken. Menggunakan perahu, Anda dapat melihat lebih dekat hewan mamalia air yang satu ini. Si Kecil pasti senang melihat pemandangan unik yang belum tentu ada di tempat lain.

Walaupun tidak bisa diving, Anda dan si Kecil masih bisa menikmati indahnya panorama bawah air di Bunaken kok.

Share artikel ini:

Artikel Terkait