Memahami Macam-Macam Jamur

Setiap orang mungkin pernah makan jamur. Tanaman yang satu ini memang memiliki rasa yang unik dan enak. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki rasa serupa daging ayam. Tak heran jika jamur sering dijadikan menu alternatif pengganti daging bagi vegetarian.

Berbicara tentang jamur, tahukah Anda jika tanaman ini ternyata juga memiliki jenis yang beragam? Penasaran apa saja jenisnya, berikut ulasan lengkapnya dari Budi Utomo, S.Pd, salah satu contributor Nestle.

Jamur kancing
Bernama ilmiah Agaricus bisporus, jamur kancing memiliki warna kecokelatan dan permukaan yang licin. Jamur ini memang berbentuk layaknya sebuah kancing dengan tekstur yang kenyal. Biasanya banyak dimanfaatkan sebagai sup, pepes, tumis, maupun dimasak bersama sayuran, daging hingga aneka olahan seafood.

Jamur tiram
Berikutnya ada jamur tiram yang berwarna putih bersih. Jamur ini memiliki bentuk seperti cangkang tiram dan nama ilmiah Pleuratus sp. Selain enak dibuat tumisan, jamur tiram juga sangat cocok untuk aneka olahan oriental. Bisanya, jamur ini juga banyak diolah menjadi campuran sapo dan sup bening.

Jamur merang
Ada pula jamur yang menyerupai kuncup dengan bungkus berwarna cokelat. Jika mekar, jamur merang berwarna abu-abu dan bercak kehitaman. Adapun tekstur jamur yang memiliki nama ilmiah Volvariella volvaceae ini lunak dan kenyal. Jamur merang sangat enak dibuat pepes atau dimasak menjadi tumisatau sup jamur yang lezat.

Jamur Shitake
Jamur ini banyak dibudidayakan di Jepang dan China. Jamur yang memiliki nama Lentinus edodes ini paling enak diolah menjadi sapo jamur, tumisan dengan saus tiram hingga sup jamur hangat nan lezat. Jamur Shitake juga cukup lezat saat dihidangkan dalam bentuk jamur panggang. Selain dagingnya yang tebal, jamur Shitake juga memiliki aroma yang khas saat dihidangkan.

Jamur kuping
Yang terakhir ada jamur kuping yang benar-benar mirip dengan daun telinga. Teksturnya kenyal dan padat. Biasanya dipasarkan dalam keadaan kering maupun segar. Jika membeli dalam keadaan kering harus direndam dalam air terlbih dahulu hingga teksturnya lunak. Jamur yang memiliki nama ilmiah Auricularia polytricha ini berwarna kehitaman. Jamur ini sangat lezat untuk diolah menjadi tumisan dan sup bening.

Nah, itu dia aneka jamur yang bisa Anda ketahui. Bagaimana, tertarik untuk memasaknya?

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait