©shutterstock

Menanamkan Benih Kebangkitan Nasional Pada si Kecil

Si Kecil yang tumbuh di era modern, perlu ditanamkan kembali pemahaman tentang bangsa Indonesia. Mulai dari kisah perjuangan merebut kemerdekaan, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, dan lain sebagainya. Mengenalkan si kecil dengan hal-hal semacam ini akan menumbuhkan sikap patriotisme dalam diri sehingga rasa cinta tanah airnya semakin dalam. Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat menanamkan benih Kebangkitan Nasional pada si Kecil. Simak ya!

Berkunjung ke Museum

Cara paling mudah mengangkat semangat Kebangkitan Nasional si Kecil adalah dengan mengajaknya berkunjung ke Museum. Di Jakarta, ada bangunan lama yang disulap menjadi Museum Kebangkitan Nasional yang menyimpan berbagai macam benda dan berkas di masa-masa tersebut. Dulunya bangunan museum ini adalah gedung STOVIA, sebuah sekolah kedokteran jawa. Main ke sini si kecil bisa tahu banyak tentang sejarah Kebangkitan Nasional hingga tokoh-tokohnya. Anda bisa menyewa guide untuk menjelaskan koleksi di sana agar pemahaman si Kecil semakin luas.

Ajak Nonton Film

Di hari Kebangkitan Nasional, biasanya ada stasiun televisi yang menayangkan film dokumenter tentang perjuangan para pahlawan di era kebangkitan nasional. Anda bisa mengajak si kecil menontonnya sambil menjelaskan kisahnya. Beri tahu yang mana tokoh-tokohnya agar si Kecil semakin mengenal bangsa Ini.

Terapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Menanamkan semangat Kebangkitan Nasional tidak akan berhasil kalau belum diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misal, semangat pantang menyerah Ir. Soekarno ketika memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ajari si kecil untuk gigih ketika mengejar impiannya. Begitu juga kreativitas yang ditunjukkan oleh WR. Soepratman saat memperkenalkan lagu Indonesia Raya saat Kongres Pemuda II. Si kecil harus mencontoh sikap para pahlawan agar nantinya tumbuh menjadi pribadi yang berjiwa patriotisme.

Meski begitu, Anda tidak boleh memaksanya. Karena semakin dipaksa dia akan tambah malas melakukannya. Biarkan semuanya mengalir seperti air agar si Kecil enjoy mengikuti pelajaran patriotisme dari Anda. Di akhir pelajaran, beri dia hadiah kecil seperti makanan kesukaannya agar semangat belajarnya makin meroket. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait