Mengajarkan Si Kecil Menggunakan Fasilitas Umum

Begitu si kecil sudah bisa berinteraksi dengan dunia di luar rumah, mau tidak mau kita perlu mengajarkan hal-hal penting mengenai apa yang perlu dilakukan dan apa yang sebaiknya jangan dilakukan saat menggunakan fasilitas umum, seperti toilet, kendaraan umum, mainan di mall, dan lain-lain.

Untuk sama-sama mengingatkan, hal-hal penting yang perlu kita lakukan itu antara lain:

  • Memberi penjelasan yang membuat dia waspada. Tapi jangan sampai membuat dia takut. Misalnya,  mencuci tangan saat sebelum atau sesudah memakai fasilitas umum atau menjaga ketertiban dan kebersihannya.
  • Mengamati dan mengontrol. Penjelasan kata-kata saja terkadang tidak cukup. Karena itu, tetap harus ada kontrol, entah dengan melihat bukti atau menanyakan, misalnya apakah dia sudah mencuci tangan atau belum.
  • Memperkenalkan peralatan di tempat umum, terutama gunanya dan bahaya yang timbul jika salah menggunakannya, misalnya eskalator.
  • Memperkenalkan sosok atau tempat untuk meminta bantuan ketika terjadi apa-apa, misalnya polisi / satpam dengan seragamnya, tempat informasi dengan ciri-cirinya, dan seterusnya.
  • Tunjukkan cara dan gaya berkomunikasi yang berbeda dengan gaya berkomunikasi di rumah untuk menunjukkan ke dia bahwa kita sedang di  tempat umum atau agar dia latihan beradaptasi.
  • Mengajarkan agar tidak langsung menerima pemberian orang yang tak dikenal, atau juga jangan terlalu friendly, tapi harus diimbangi juga dengan mengajarkan etika umum di tempat umum, misalnya sopan, tidak menganggu orang, dst.

Yang sama sekali tidak boleh kita abaikan adalah membiarkan dia lepas dari pengawasan. Meski secara pengetahuan sudah kita ketahui hal ini, tetapi prakteknya masih banyak yang lalai karena kurang bisa mengontrol diri.

Misalnya saja kita keasyikan mendengarkan penjelasan sales mengenai kehebatan barang yang ingin kita beli, sementara anak kita beraktivitas sendirian.

Untuk anak yang sudah kelas 5 atau 6 SD, perlu juga kita bekali tindakan saat darurat atau saat terpisah dengan kita di tempat umum selain beberapa poin di atas, yaitu dengan tetap di tempat sehingga memudahkan pencarian.

Meski semua poin di atas sudah sama-sama kita ketahui, tetapi sama-sama mengingatkan menjadi penting, karena seringkali pengetahuan saja tidak cukup.

Semoga bermanfaat.

* lifeskill facilitator, penulis dan learning counselor

Share artikel ini:

Artikel Terkait