Menjadi Guru di Rumah

Apa sih biasanya yang menjadikan anak sulit untuk belajar dirumah?

    1. Tidak ada, karena semua benda dan situasi di rumah bisa dijadikan sumber belajar yang menyenangkan dan dekat dari kehidupan anak.
    2. Contohnya: suara pagi2 dari tukang sayur, tukang roti, tukang bubur ayam, suara burung, mobil dan kendaraan lain, cuaca mendung/ cerah dan semua hal saja.
  1. Ada gak sih cara yang baik supaya kegiatan belajar dirumah itu lebih menyenangkan tanpa harus memaksa anak?
    1. Dengan sendirinya semua akan menyenangkan bisa diberikan dengan senang hati dan tanpa beban juga. Pengenalan diri orangtua menjadi sangat penting. Jangan melakukan kegiatan bersama saat mood sedang buruk, misalnya.
    2. Orangtua perlu kreatif memakai situasi saat itu
    3. Sesekali perlu belajar dari berbagai sumber melakukan hal-hal baru, misalnya menyiapkan sarapan bersama, menghias roti dan seterusnya
  2. Caranya mendidiknya juga pasti berbeda kan untuk setiap umur apakah bisa dijelaskan?
    1. Setiap kelompok usia membutuhkan pendekatan khusus
    2. Setiap anak membutuhkan pendekatan khusus tergantung kebutuhannya. Pemahaman orangtua atas kebutuhan anak menjadi penting. Ada yang sulit berkonsentrasi sehingga kegiatan harus pendek2 sesuai kesanggupannya kemudian ditambah perlahan.
  3. Apakah belajar harus selalu dari buku, peralatan apa saja yang dibutuhkan orangtua untuk dapat belajar lebih menyenangkan bersama anak dirumah?
    1. Tidak kaku dari buku. Dalam usia 3 – 5 tahun anak belajar sambil bermain. Sehingga pendekatan harus memakai pemahaman ini. Buku tentu bisa dipakai karena membiasakan anak mencintai bacaan sejak dini sangat penting tetapi yang lebih penting adalah seluruh kegiatan dilakukan tanpa beban.
    2. Berbagai peralatan yang tersedia di kamar, dapur, kamar mandi bisa menjadi bagian dari pelajaran di rumah sehari2. Termasuk di dalamnya bermain membereskan kamar yang bisa menggunakan sapu dan sapu lidi sungguhan.
  4. Bagaimana pembagian porsi antara ayah dan ibu?
    1. Tidak ada pembatasan, tergantung kesepakatan dan waktu yang diluangkan oleh masing2 pihak. Tetapi ada baiknya untuk memiliki waktu secara rutin dengan anak yang bisa ditunggu oleh anak tersebut. Misalnya, mendongeng di malam minggu.
    2. Kadangkala waktu menjadi kendala. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan merencanakan apa yang bisa dikerjakan. Dalam keadaan hujan, dimana dan apa yang dimainkan, saat terik apa yang bisa menyenangkan untuk dikerjakan.
  5. Pertanyaan dari 2 ibu, tentang sejak umur berapakah anak sebaiknya dimasukkan ke kegiatan sekolah / preschool?
    1. Tergantung kebutuhan. Apabila sosialiasi di rumah sudah cukup, anak-anak tetangga bisa diajak main bersama maka usia 5 tahun ideal untuk pembiasaan menuju sekolah dasar.
    2. Tapi bila tidak ada anak sekitar teman bermain, bisa lebih dini.
  6. Apakah memberikan hadiah/reward untuk anak yang ingin belajar itu baik?
    1. Merupakan kebijakan orangtua masing2. Sebagian merasa itu penting adapula yang merasa jauh lebih penting adalah perasaan senang saat melakukan hal baik atau ”berprestasi”
    2. Untuk orangtua yang cukup punya banyak waktu, penanaman rasa puas dari dalam diri sendiri akan lebih bermakna. Tetapi memang ini sulit bagi mereka yang waktunya sangat terbatas.

Share artikel ini:

Artikel Terkait