Menjawab Pertanyaan Balita Tentang Bagian Tubuh

Hanya, namanya juga anak-anak, pertanyaan yang dilontarkan terkadang membuat kita serba salah. Misalnya dia bertanya tentang anggota tubuh yang kita sebut aurat itu. Bagaimana kita menjelaskannya? Kalau kita jelaskan dengan istilah yang abstrak, mungkin itu akan terlalu jauh dengan dia? Tapi, kalau kita menolak menjelaskannya, sebetulnya itu kebutuhan dia?

Jadi bagaimana? Kita semua sudah punya mekanisme yang beradab untuk menjelaskan pertanyaan semacam itu dari anak kita. Hanya, untuk sebagai acuan dan pilihan, kita bisa menjelaskan itu ke dalam ungkapan yang kita kaitkan dengan apa yang penting untuk dia lakukan. Misalnya dia menanyakan aurat. Kita bisa menjelaskan itu sebagai wilayah tubuh yang harus dibersihkan ketika buang air kecil atau air besar.  Soal istilahnya, kita bisa memilih istilah yang sesuai dengan daya tangkapnya.

Bagaimana kalau dia berpkir yang macam-macam? Anak-anak, dengan kepolosannya, jauh dari kemungkinan berpikir yang macam-macam. Orang dewasa seperti kitalah yang terkadang lebih dulu mengkhawatirkan itu. Karenanya, akan lebih bagus penjelasan itu selalu kita kaitkan dengan apa yang harus dia lakukan dengan anggota tubuh yang dia tanyakan itu, entah harus ditutup, dibersihkan, cukup diketahui, atau yang lain.

Sampai ketika dia tidak menanyakan pun, idealnya hak inteleknya itu perlu kita penuhi. Misalnya kita menjelaskan anatomi tubuh dari buku-buku yang sekarang banyak dijual di toko-toko atau dari internet. Penjelasan ilmiah akan membuat dia memahami anggota tubuhnya, misalnya tentang fungsinya, dan lain-lain. Informasi ini memang didesain untuk anak-anak itu memiliki bahasa yang sudah dipilih supaya cocok untuk anak-anak.

Bahkan untuk beberapa hal, pertanyaan itu bisa juga kita jadikan jalan untuk menegaskan identitas jendernya. Misalnya dia bertanya kenapa bagian tubuhnya dengan bagian tubuh kakak atau mbaknya berbeda. Kita bisa menjawabnya sekaligus menegaskan identitas jendernya agar dia menyadari lebih awal untuk berprilaku sebagaimana identitas jendernya itu.  Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait