©shutterstock

Menyulap Pekarangan Rumah dengan Tanaman Rambat Berbunga

Suasana pekarangan yang kering dan gersang tentunya tidak sedap dipandang. Kenapa tidak mencoba menghiasnya dengan tanaman rambat berbunga untuk mempercantik dinding atau pagar. Selain itu juga dapat melindungi area tertentu dari paparan sinar matahari langsung.

Ada banyak jenis tanaman merambat berbunga yang bisa Ibu gunakan untuk menghias pekarangan. Simak uraiannya berikut ini ya.

Mandevilla

Tanaman rambat yang diyakini berasal dari Florida, Amerika Serikat ini sedang banyak digandrungi. Tanaman ini mempunyai bunga yang merambat ke atas, berwarna merah, putih, atau merah muda. Tangkai dan daunnya merambat rata sehingga mampu menutupi media kawat yang dibentuk sesuai keinginan secara menyeluruh. Bunga mandevilla ini akan tumbuh subur dengan mendapat sinar matahari yang cukup dan penyiraman secara teratur. Karena pertumbuhannya sangat cepat, diperlukan pemangkasan yang rutin agar tetap rapi.

Clemantis

Ada 200 jenis bunga yang tergabung di marga clemantis. Biasanya banyak dijumpai yang berwarna putih atau keunguan. Bunga ini cukup popular terutama di kawasan bersuhu dingin. Selain menyebarkan aroma yang harum, clemantis dapat merambat dengan baik pada media kawat atau pagar yang sudah disiapkan. Bisa juga ditanam dalam pot untuk memudahkan perawatan dan digunakan untuk menghias pintu masuk.

Thunbergia

Bunga tanaman ini menggantung ke bawah dengan pilihan warna ungu dan putih yang cantik, sehingga banyak digunakan sebagai pergola, arches, maupun tirai, demikian penjelasan dari Titik. Thunbergia tumbuh merambat dengan batang yang lunak dan daun berbentuk seperti jantung. Tanaman ini bisa ditanam di daerah bersuhu dingin maupun panas.

Flame of Irian

Dikenal juga dengan nama Flame of Forest, tanaman ini mempunyai tipe bunga yang menggantung berwarna merah api, terlihat mencolok di antara daunnya yang tumbuh rapat. Flame of Irian ini dapat tumbuh di segala kondisi baik di tempat terbuka yang terus terkena paparan sinar matahari atau di area yang teduh. Perawatannya cukup mudah, yaitu dengan melakukan penyiraman rutin, pemupukan dengan pupuk organik setelah 3 bulan usia tanam, serta pemangkasan agar pertumbuhan pucuk atau apical tidak berlebihan.

Banyak pilihan tanaman merambat berbunga yang bisa Ibu pilih untuk menghias pekarangan. Happy gardening!

Share artikel ini:

Artikel Terkait