Nobel itu Apa Sih, Bunda?

19499220cd88a37ea6a127969cf22888c87db07f.jpeg

Perkembangan kecerdasan si Kecil bisa ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Pernahkah dia menanyakan tentang apa itu Nobel? Simak penjelasannya berikut ini agar bisa menjawab dengan bijak ya.

Hadiah Nobel diberikan setiap tahun untuk orang-orang yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatan inovatif, serta memberikan kontribusi luar biaisa kepada masyarakat. Penghargaan ini terselenggara berkat kehendak akhir dari Alfred Nobel, penemu dinamit dan seorang industrialis asal Swedia, untuk memberikan sejumlah uang sebagai bentuk penghargaan pada tahun 1895.

Ada beberapa komite yang bertanggung jawab menyeleksi dan memberikan penghargaan Nobel, seperti The Royal Swedish Academy of Sciences untuk bidang Fisika dan Kimia, Karolinska Institute bertanggung jawab pada bidang Fisiologi dan Kedokteran, The Swedish Academy memilih Sastra, dan The Norwegian Nobel Committee yang ditunjuk oleh Parlemen Norwegia untuk hadiah Nobel Perdamaian. Satu lagi penghargaan yang diberikan oleh Bank Swedia untuk bidang Economic Sciences in Memory of Alfred Nobel, yang bukan bagian dari kehendak Nobel tapi dimulai pada tahun 1969 oleh Sveriges Riksbank, Bank of Sweden. Setiap pemenang penghargaan Nobel mendapatkan medali, sertifikat, dan sejumlah uang yang mencapai lebih dari 1 juta Euro.

Ada sejumlah fakta menarik dari beberapa penerima penghargaan Nobel. Salah satunya adalah Marie Curie, perempuan penemu radioaktif ini menerima Nobel Prize pertama pada tahun 1903 di bidang Fisika dan pada tahun 1911 di bidang Kimia atas penemuan radium murni. Selain itu suami Marie Curie, Pierre Curie juga mendapat Nobel Prize di bidang Fisika pada taun 1903, disusul putrinya, Irene Joliot-Curie untuk bidang Kimia tahun 1935.

Selain itu ada juga beberapa orang terkenal yang ditunjuk sebagai penerima penghargaan Nobel, seperti Martin Luther King Jr. untuk Nobel Perdamaian tahun 1964 serta Nelson Mandela yang membela hak-hak sipil di Afrika Selatan diganjar Nobel Prize pada tahun 1973 bersama dengan F.W. de Klerk. Yang terakhir adalah orang termuda yang pernah mendapatkan penghargaan Nobel, yaitu perempuan dari Pakistan bernama Malala Yousafzai yang didaulat menjadi pemenang Nobel bidang Perdamaian pada tahun 2014.

Semoga fakta-fakta menarik di atas dapat memberikan motivasi bagi si Kecil untuk belajar dan berkarya lebih baik lagi ya.