@shutterstock

Peluk Si Kecil Yuk Sebelum Tidur!

Tidak banyak orang tua di perkotaan yang memiliki banyak waktu bersama sang buah hati. Untuk tetap menjaga kedekatan dengan si kecil, mengantar si kecil tidur dan memberikan pelukan bisa menjadi bonding dengan anak. Menurut Ubaedy, pelukan sebelum tidur merupakan sentuhan fisik yang mampu memberikan rasa nyaman pada anak. Agar lebih tahu tentang pelukan sebelum tidur, yuk simak penjelasan berikut ini.

Anak-anak cenderung suka bermanja-manja dengan mencari celah untuk bersentuhan fisik dengan orang tuanya. Misalnya saja seperti minta digendong, minta dipangku, atau dibelai. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan lho. Berbagai riset menunjukkan bahwa sentuhan fisik ternyata memiliki pengaruh terhadap perkembangan jiwa dan pertumbuhan fisik anak. Selain itu, sentuhan fisik berupa ciuman, pelukan dan belaian merupakan media komunikasi antara Ibu dan anak sebagai simbol kasih sayang.

Kedekatan orang tua dan anak akan mempengaruhi bagaimana anak akan memberikan kasih sayangnya kepada orang lain. Anak yang banyak mendapatkan kasih sayang akan mudah memberikan kasih sayang kepada orang lain saat dia dewasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi para orang tua untuk menciptakan anak yang tumbuh dengan penuh kasih sayang.

Waktu sebelum tidur adalah waktu emas untuk membangun kedekatan dan komunikasi dengan baik. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mengantarkannya tidur, menemaninya dan berikan pelukan sekurangnya tiga detik untuk membuatnya merasa nyaman dan tenang.

Pelukan yang didasari oleh ketulusan kasih sayang akan menciptakan rasa yang bahagia, rileks, dan memberinya ketenangan untuk tidur. Menurut Erik Erikson seorang pakar psikolog pengembangan anak asal Amerika rasa aman penting dimiliki setiap anak untuk mengembangkan rasa percaya dirinya.

Selain rasa aman dari pelukan, akan lebih baik lagi jika anak mendapatkan cerita sebelum tidur untuk memperkuat moralnya juga. Anda bisa bercerita tentang pengalaman pribadi atau buku bacaan yang dapat memberikan efek positif pada perkembangan karakter anak.

Jangan pernah biarkan si kecil melewatkan sebuah pelukan sebelum tidur ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait