Merangsang Penglihatan Bayi dengan Warna

Untuk mengoptimalkan penglihatan anak diperlukan stimulasi sedini mungkin. Peranan orang tua akan membuat segalanya terlihat berwarna lebih indah baginya.

Saat dilahirkan sistem penglihatan bayi masih jauh dari sempurna. Bagian terpenting perkembangan penglihatan yaitu bintik kuning belum berkembang dengan baik. Namun seiring bertambahnya usia kemampuan penglihatan bayi pun membaik. Ketajaman penglihatan anak tak hanya dipengaruhi susunan jaringan atau kondisi fisik mata yang normal tapi juga diperlukan rangsangan.

Stimulasi dengan Warna
Untuk mengoptimalkan penglihatan anak diperlukan stimulasi sedini mungkin. Performa penglihatan akan berimbas pada kemampuan anak mengeksplorasi lingkungannya secara visual. Salah satu stimulasi yang bisa diterapkan ialah dengan menggunakan media warna. Bagaimana warna dapat merangsang penglihatan bayi?

Pada dasarnya tubuh mempunyai respon otomatis terhadap warna dan cahaya secara genetik, karena pada dasarnya warna adalah unsur cahaya yang merupakan salah satu bentuk energi. Pemberian energi otomatis menimbulkan efek yang positif. Bahkan keseimbangan energi tubuh bisa didapatkan dengan mengaplikasikan unsur warna yang kurang. Misalnya saja bayi yang baru lahir mengalami hiperbilirubin (bayi kuning) diberikan terapi sinar berwarna biru untuk memulihkan kondisinya.

Menurut Dr Sears dalam artikelnya Visual Stimulation Tips for the Newborn Months memaparkan saat anak baru lahir, retina matanya hanya mampu mendeteksi warna yang sangat kontras seperti gelap dan terang atau hitam dan putih. Penelitian membuktikan kedua warna kontras tersebut mengirimkan sinyal visual lebih kuat ke otak. Ini berarti kemampuan visual akan lebih baik jika otak mampu menerima sinyal kuat dari warna-warna tersebut.

Sebab itu orangtua bisa mengembangkan kemampuan penglihatan anak dengan memperkenalkan beragam warna sedini. Perkenalkan bayi dengan warna-warna pastel untuk menstimulasi penglihatannya. Sedangkan gambar-gambar yang berwarna hitam dan putih maka anak akan lebih atraktif.

Permainan gunakan keragaman warna
Berikut beberapa cara kreatif dan menyenangkan yang bisa menstimulasi penglihatan anak,

  • Gunakan peralatan yang bermotif garis-garis dengan warna terang dan gelap di kamar tidurnya misalnya pada selimut, sarung bantal, wall paper.
  • Gunakan pula motif garis-garis untuk mengkotak-kotakkan area bermainnya. Seperti memberi tanda peringatan di "kawasan dilarang berisik" anak. Anda juga bisa menempatkan barang-barang bermotif garis-garis tak jauh dari pandangan anak sekitar 8-12 inci.
  • Berikan anak mainan yang memiliki warna-warna kontras seperti mobil-mobilan, boneka atau mainan favorit lainnya yang memiliki warna biru muda atau hijau muda dipasangkan dengan warna hitam, merah atau putih. Ini dimaksudkan untuk menarik perhatian anak terlebih dahulu.
  • Pajang gambar-gambar yang menarik dan kaya warna di kamar tidur bayi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait